Membedah Neo Jemani

Membedah Neo Jemani
Kolaborasi 2 Karakter Abadi 



Saat dimintai keterangan beberapa Nursery dan Anthuriumania, jujur mereka mengakui Gelombang Cinta-lah yang punya keeksotikan tinggi. Gelombang daun, roset dan ketebalannya sulit ditemukan pada tanaman hias lain. Dari situ banyak yang meyakini Anthurium Gelombang Cinta bisa bertahan sepanjang masa.

http://202.67.224.132/pdimage/19/s_952519_neojemanimutasi0.jpgLantas kalau bicara gengsi dan nilai seni maka jemanilah yang mampu menjawabnya. Sosoknya yang khas tak ada yang sama identik membuat jemani berpeluang menjadi barang eksklusif yang sifatnya abadi. 

Tentu akan semakin istimewa bila dua karakter abadi itu dikolaborasikan. Melalui produk hybrid sebenarnya sudah pernah dilakukan yang kemudian terkenal nama Wavejem atau Neo Jemani. Diantaranya dipelopori Almarhum Margono, Bapak Anthurium Karanganyar dan Anthuriumania Jakarta.

http://202.67.224.134/pdimage/58/s_559858_sp_a0069.jpgSelanjutnya Neo Jemani versi Margono diyakini orang orisinil. Dan yang belakangan ramai dibicarakan orang yaitu yang mirip-mirip Neo Jemani. Hal ini terkait dengan karakter anakannya  dari hybrid Jemani dan Gelcin. Variasinya cukup luas, kebanyakan karakternya terlalu dekat dengan jemani sehingga karakter Gelcin sangat minim.

Dari situ banyak Anthuriumani yang rancu dalam menyebut Neo Jemani. Padahal Wavejem ini punya karakter yang sangat khas sehingga tak begitu sulit untuk membedakan dengan jemani lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut karakter Neo Jemani, mari kita lihat satu demi satu ciri khas tersebut:

Warna Daun Neo Jemani
Warna daun lebih dominan mewarisi warna daun gelcin. Sebaliknya bagian tulang daun mewarisi sifat jemani, hijau muda segar. Dari sini sudah menjadi karakternya Neo Jemani, tulang daun berwarna lebih cerah sehingga orang sering menyamakan dengan Jemani Tulang Emas.

Daun Neo Jemani
- Cenderung Cembung
Bentuknya kurus memanjang berujung lancip. Bagian tepi daun bergrlombang cukup konsisten meski tak begitu dalam.
- Daun Bertekstur.
Meski mewarisi karakter jemani, tetapi tidak terlalu kasar. Daun juga tebal tetapi tidak begitu lentur. Daun cenderung kaku.
- Daun Roset Menyebar.
Daun Neo jemani cenderung menyeber ke segala arah dengan posisi tidak rebah alias berdiri mewarisi karakter Gelcin.

Karakternya Bervariasi yang Orisinil Langka.

Harus diakui untuk mencetak Neo Jemani tidaklah semudah mencetak jemani. Sebagai bentuk hybrid maka perlu kesiapan kedua induknya. Selain itu yang paling vital adalah sulitnya menjaga konsistensi karakter Neo Jemani.

Kenapa begitu?? Hal ini terkait dengan bervariasinya indukan. Khususnya indukan jemani yang punya banyak variasi karakter. Setiap kali terjadi hybrid maka akan muncul variasi karakter dari anakannya.

Sehingga tidak menutup kemungkinan dari anakannya tidak ada yang benar-benar berkarakter seprti Neo Jemani orisinil. Disinilah nantinya letak eksklusif dari Neo Jemani.

Karena sosok dan karakter Neo Jemani yang orisinil sudah ada maka karakter itulah yang jadi acuan akan keaslian tidaknya. Atau paling tidak jadi tahu yang benar-benar Neo Jemani atau sekedar mirip saja.

Membedah Neo Jemani
Kolaborasi 2 Karakter Abadi

Artikel Terkait:
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar