Merawat Corong, Rajinlah Memutar Pot

Merawat Corong, Rajinlah Memutar Pot

 
Merawat Anthurium corong, ternyata tak semudah merawat jenis-jenis lainnya. Yang saya maksudkan, bukan berarti corong itu lemah dan mudah mati. Atau gampang terserang penyakit. Melainkan, relative susah menbentuknya menjadi indah, bentuknya proporsional serta tangkainya selalu tegak berdiri.

Karena saya mengoleksi Anthurium bertangkai panjang macam Corong, Kuku Bima serta Bintang Kejora, pengalaman sama juga saya alami pada jenis-jenis itu.

Yang terjadi pada jenis-jenis itu, daun-daun mudanya selalu menjulur jauh ke atas meninggalkan daun-daun mudanya. Ini yang membuat tak proporsional. Kemudian tangkainya itu bila kelewat panjang juga akan lunglai. Tak bisa tegak.

Saya pernah coba ikuti salah satu pengalaman salah satu teman yang memberi saran untuk menyiramnya dengan air yang dicampur Redoxon. Memang bisa tegak lagi. Tapi lama-lama saya pikir, kok jadi kecanduan...ya. Bila muncul daun baru selalu saja meminta disiram "kalsium" itu lagi. Kalau tidak, akan nampak loyo lagi.

Setelah sekian lama, akhirnya saya ketemu juga teknik menanganinya. Ternyata jenis-jenis tangkai pajang itu hanya meminta sinar matahari "agak lebih" di banding jenis-jenis lainnya.

Sayapun kemudian menempatkannya di area yang agak lebih terbuka. Bisa leluasa menerima matahari di pagi hari secara langsung. Dengan begitu, ternyata tangkainya tak nampak loyo lagi.

Namun masalah baru muncul, daun yang menerima intensitas matahari lebih yang terlihat bagus. Sedang daun lainnya, sama saja dengan semula. Tetap saja tak terlihat proporsional. Selain itu posisi tanaman juga terlihat miring. Condong memburu matahari.

Akhirnya saya coba untuk secara berkala memutar posisi potnya. Yakni tiap minggu sekali saya putar. Saya bagi agar setiap posisi daun menerima intensitas cahaya yang tak "pilh kasih".

Setelah empat kali putaran hasilnya ternyata sangat memuaskan. Anthurium tangkai panjang koleksi saya jadi terlihat proporsional bentuknya.

Merawat Corong, Rajinlah Memutar Pot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar