Supaya Tongkol Gelombang Cinta Jadi Buah

Supaya Tongkol Gelombang Cinta Jadi Buah


Tongkol Gelcin yang tidak tumbuh buah biasanya disebabkan karena tiadanya penyerbukan. Perkawinan pada tongkol tersebut pada dasarnya bisa terjadi secara alami atau bantuan tangan manusia.

Secara alami syaratnya demikian, kematangan serbuk sari dan putik harus terjadi secara bersamaan. Hal ini biasanya diindikasikan adanya madu-madu dan serbuk sari  berwarna putih kemerahan keluar bersama di permukaan tongkol. Dengan bantuan angin, serbuk sari itu akan menempel pada madu yang merupakan putik dari bunga Gelcin itu sehingga terjadi penyerbukan sampai menghasilkan buah.

Berdasarkan pengalaman yang ada, keluarnya madu dan serbuk sari itu justru tidak bersamaan. Ada selisih hari, kadang serbuk sarinya matang dulu. Bisa pula putiknya (madu) keluar duluan.

Kalau sudah demikian, Anda harus melakukan kawin silang. Bisa sejenis antar spesies (di luar Gelcin). Di saat tongkol itu keluar madu-madunya, carikan serbuk sari dari Anthurium lain yang sejenis atau beda varian.

Demikian pula bila salah satu tongkol sudah keluar serbuk sari, maka ambil serbuk sari tersebut dengan menggunakan kapas, lalu oleskan pada tongkol lain yang keluar madunya.

Dengan demikian sudah dapat dipastikan tongkol-tongkol tersebut akan tumbuh calon-calon buah yang berbentuk seperti butiran kacang ijo. Ingat tongkol yang akan keluar buah yang diperankan sebagai betina (keluar madu).
Supaya Tongkol Gelombang Cinta Jadi Buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar