Kotoran Burung Bikin Tongkol Menjamur

Kotoran Burung Bikin Tongkol Menjamur



Ini pengalaman saya yang menunjukkan betapa kotoran burung peliharaan saya ternyata bisa membuat Anthurium indukan saya jadi rajin bertongkol. Bahkan tongkolnya itu bisa disebut super subur. Bayangkan hookeri compacta saya yang masih berusia satu setengah tahun itu bisa memiliki tongkol sampai enam bahkan yang ke 7 sepertinya bakal segera menyusul.

Padahal Anthurium saya itu tak saya perlakukan khusus. Bahkan pupuk mulai yang slow release sampai yang kocor, semprot atau aneka jenis hormon bahkan pemacu tumbuh tak pernah saya berikan. Medianya juga cukup cacahan akar pakis (80%) bercampur pasir malang (10%) dan sisanya adalah sekam bakar serta sedikit tanah taman.

Iseng, saya pernah menaburi media tanamnya dengan kotoran burung peliharaan saya. Oh, ya, saya memang pecinta flora fauna. Saya memelihara aneka jenis burung kicauan seperti cucakrawa, jalak serta perkutut dan kenari.

Suatu hari, saat saya membersihkan kotoran burung pelharaan saya, kotoran yang menumpuk di lantai sangkarnya itu kemudian saya taburkan sekenanya di atas media tanam Anthurium saya. Tak kelewat banyak hanya sekitar 5 sendok makan. Tak saya benamkan kelewat dalam, cukup sekitar 1 - 3 cm dari atas permukaan media tanam kemudian ditutup lagi dengan media tanamnya.

Memang sih pertumbuhan Anthurium saya sebulan kedepan terlihat seperti berubah. menjadi lebih ranum. Tapi tanda-tanda datangnya jamur mulai terlihat. Pikir saya ini ungkin karena kotoran burung itu. lau saya coba lagi memakai pupuk kandang burung tersebut. Tapi sebelumnya kotoran burung yang mengering itu saya semprot dulu dengan fungisida kemudian saya jemur sampai kering kembali. Baru setelah itu saya tabukan seperti cara yang pertama. kali ini tanda-tanda munculnya jamur itu sudah tak terlihat.

herannya sekitar sebulan kemudian hookeri saya itu terlihat mulai mengeluarkan tongkol belajaran. Satu tongkol itu, saya biarkan saja setelah saya kawinkan (tak saya buang). Ee...h, tak tahunya tak sampai sebulan setelah itu muncul tongkol baru lagi. Disusul satu tongkol lagi tak lama kemudian. Susul menyusul hingga sekarang ada lima tongkol yang sudah dalam proses pemasakan, satu siap dikawinkan serta satu lagi sudah bersiap bakal muncul.

Selain jadi super subur tongkol, tanaman saya itu daun-daun barunya juga terlihat lebih besar dan ranum dibanding daun-daun lamanya. Bisa jadi ini semua karena pupuk kandang dari kotoran burung...itu...ya.

mengingat selama ini saya tak pernah memakai atau memberikan aneka pupuk kimia maupun yang non kimia.

Kotoran Burung Bikin Tongkol Menjamur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar