Varigata, Terjadinya Perlahan Mulai Bibitan

Varigata, Terjadinya Perlahan Mulai Bibitan

Varigata terjadi karena adanya penyimpangan. Atau mutasi pada sebagian sel tanaman bersangkutan. Mutasi itu bias karena adanya sesuatu yang sekstrem, misalnya terkena panas yang berlebih atau karena bahan-bahan kimia tertentu.

Dan karena itu umumnya varigata akan mulai muncul tanda-tandanya sejak tanaman masih bibitan. Memang tak langsung menyebar di permukaan daun. Hanya daun-daun yang sudah tua-lah gejala-gejala varigata itu muncul. Sementara saat muncul daun baru biasanya masih tetap terlihat normal.

Daun-daun baru yang awalnya normal itu beberapa saat kemudian mulai terlihat adanya bercak-bercak, baik itu kekuningan atau keputihan. Namun umumnya yang terjadi secara alamiah akan berwarna kekuningan. Bercak-bercak itu makin lama akan makin membesar dan jumlahnya makin bertambah sehingga makin lama makin menyesaki seluruh permukaan daun. Begitulah proses yang terjadi secara pelahan. Tidak langsung begitu keluar daun langsung "menunjukkan" penyimpangan.

"Justru yang langsung bles, tiba-tiba satu daun terlihat putih atau kuning, itu yang mencurigakan. Bisa-bisa malah buatan", sindir Anthuriumania asal Bogor.

Yang natural, varigatanya juga cenderung tidak rata. Misalnya, ada yang disatu daun terlihat banyak bercaknya, sementara di daun lainnya, terlihat tak begitu banyak. Bentuk bercaknya juga cenderung tak beraturan.




Varigata, Terjadinya Perlahan Mulai Bibitan



Artikel Terkait :  
Memunculkan Kelainan dan Varigata
Varigata, Terjadinya Perlahan Mulai Bibitan
Varigata dan Karakter Tidak Muncul Tiba-Tiba 
Trik Mencetak Varigata Sejak Tongkol  
Bikin Corak Varigata Bertahan Selamanya
Memperpanjang Usia Bibitan Albino 
Memunculkan Mutasi dan Varigata
Yuk Mengenal Aneka Varigata 
Yellow Variegata, Menembus Batas Antar Spesies
Yang Khas dari Varigata Berkualitas 
 

2 komentar:

  1. Betul gan, saya punya indukan gelcin varigata usia 12 tahun sampai hari ini masih tetap varigata anakanya

    BalasHapus