Memperpanjang Usia Bibitan Albino

 Memperpanjang Usia Bibitan Albino
Sekaligus Menciptakan Bibitan Anthurium Varigata


Dari setiap tongkol Anthurium yang bijinya kemudian disemai, saat mulai berkecambah, selalu saja ada beberapa bibitan yang berdaun albino. Atau yang berdaun putih. Sayangnya, bibitan albino itu kalau dibiarkan tidak akan berumur panjang. 
 
Keluarnya albino itu tentu karena banyak pengaruh eksternal dan internal. Yang eksternal, tentu saja karena sejumlah perlakuan terutama yang menggunakan bahan-bahan kimiawi. Sedang faktor internal adlah proses hybridisasi.

Lalu kenapa yang albino tadi susah sekali bisa bertahan sampai dewasa?? Seperti diketahui, kemunculan albino disebabkan karena daun tak memiliki klorofil (zat hijau daun).

Padahal, justru klorofil itulah yang menyediakan makanan buat tanaman. Karena tidak adanya klorofil pada daun membuat bibit albino ini hanya mengandalkan makanan dari biji (yang disemai tadi). sehingga  saat makanan dalam biji tadi habis, maka matilah bibit albino tersebut. Pasalnya tidak bisa melakukan proses fotosintesis.

Kematian itu tak bisa dihindari meski, misalnya diberi perlakuan khusus. Misalnya memberikan tambahan "menu ekstra" dengan memberikan pupuk yang mengandung unsur N tinggi. Ternyata tetap juga tak mampu menolongnya. Paling lama bibit albino itu bisa bertahan sampai keluar daun ke 5, setelah itu layu dan mati.

Cara Menyelamatkannya

Lalu bgaimana cara menyelamatkannya si albino agar bisa bertahan selamanya. Tumbuh berkembang sampai dewasa?? Untuk menolong bibit albino supaya bisa hidup sampai dewasa, kini ada cara. Cara ini memang belum dibuktikan secara ilmiah, namun bisa dicoba, sebab beberapa orang yang mencoba mengaku berhasil.

Agar bibit albino tersebut bisa bertahan hidup lebih dari 5 daun atau sampai berkembang dewasa, bisa dilakukan dengan cara "menggendongkan" dengan bibit yang hijau atau normal. Istilah menggendongkan itu adalah menggabungkan bibit yang hijau dengan yang albino sambil melilitkan akar antar kedua bibitan tersebut. Melakukannya tentu harus ekstra hati-hati agar perakarannya jangan sampai putus atau rusak.

Caranya pelintirlah perlahan agar kedua akar tanaman tersebut menjadi satu lalu kemudian ditanam kembali. Dalam perkembangannya, bibit yang albino akan tumbuh karena mendapat suplai makanan dari bibitan yang normal.

Bakalan Berubah Menjadi Varigata

Setelah proses "penggendongan" itu berjalan normal, bibitan albino tadi akan mulai tumbuh normal. Hidupnya menjadi lebih lama kerena kebutuhan makanannya bisa dibantu" tanaman lain yang dililitnya.

Namun yang terjadi kemudian, daun putih albinonya perlahan namun pasti bakalan berubah. Tak lagi putih bersih. Terutama daun-daun baru yang muncul kemudian, akan berubah menjadi berbintik-bintik coklat atau varigata.

Bila dua tanaman yang gandeng sudah agak besar, dan bibit albino sudah muncul beberapa daun varigata, barulah bibit berdaun hijau dipotong batangnya atau dimatikan.

Selanjutnya bibit albino yang sudah menjadi varigata tadi akan terus tumbuh seperti tanaman normal dengan kondisi daun tetap varigata. Cara ini nampaknya bisa dijadikan salah satu trik untuk mendapatkan Anthurium varigata. Penasaran dengan inovasi ini??? Silahkan mencoba..!!!!

Memperpanjang Usia Bibitan Albino
Sekaligus Menciptakan Bibitan Anthurium Varigata

2 komentar:

  1. Good day!
    This is Joanne from Taiwan.
    May I know if you ship plants overseas?
    I'm looking for special tropical plants.

    Thank you and wish you a nice day.

    Best regards,
    Joanne Lin

    BalasHapus
  2. keren gan, boleh di cobba nih, makasih

    BalasHapus