Yellow Variegata, Menembus Batas Antar Spesies

Yellow Variegata, Menembus Batas Antar Spesies
Mau tahu Anthurium yang bagaimana yang selalu jadi incaran kolektor?? Jawabnya kalau bukan Cobra Katalog, Black Beauty atau Jemani Hibrid bisa dipastikan jenis Varigata.
 

Uniknya untuk jenis varigata ini yang disukai kolektor tidak monopoli Anthurium jenis mahal. Jenis Gelombang Cinta pun asal itu bisa tampil varigata maka itu yang dicari. Untuk varigata ini kolektor sudah tidak terlalu memandang jenisnya apa atau spesies Anthurium apa. Apakah Gelcin atau Hookeri asal bisa tampil varigata maka sudah masuk katagori Anthurium papan atas. Apalagi kalau jemani akan tambah oke lagi.

Meski demikian dalam perkembangannya jenis varigatapun dibikinn kelas-kelas lagi. Dan secara umum varigata kuning atau Yellow Variegata yang dianggap punya tahta tertinggi dibanding jenis yang White Variegata alias Varigata Putih. Itupun nantinya kalau bicara kualitas varigata masih mempertimbangkan tampilan varigatanya seperti sebaran, karakter, kondisi daun dan sebagainya.

Untuk jenisnya memang jenis Gelcin yang untuk sekarang ini jumlahnya cukup banyak. Tetapi kalau bisa tampil varigata kuning itu yang gak sembarangan orang bisa mengoleksi.

Selain Gelcin, varigata kuning juga beberapa kali muncul di jenis hookeri. Kalau varigata putih, memang tak perlu heran, karena untuk jenis hookeri jadi gudang varigata. Tetapi untuk kuning masih tergolong langka, tak mudah mendapatkan hookeri Yellow Variegata.

Ada beberapa alasan kenapa Yellow Variegata lebih unggul ketimbang yang white. Yang kuning biasanya karakter daunnya tetap tebal dan kaku. Jadi tidak merubah karakter asli daun.

Beda dengan yang White Variegata biasanya daun jadi tipis, lemas tidak kaku dan karakter asli daun bisa berubah. Semisal di Gelcin yang varigata gelombangnya hanya meliuk saja, padahal aslinya meliuk-liuk rapat.


Yellow Variegata, Menembus Batas Antar Spesies

Tidak ada komentar:

Posting Komentar