Kelompok Daun Beludru yang Gampang Disilangkan

Cadiolonchium
Kelompok Daun Beludru yang Gampang Disilangkan 

Kelompok seksi ke-12 dari 18 seksi yang mewadahi sekian ratus spesies Anthurium ini anggotanya kebetulan banyak yang beredar di Indonesia. Antara lain: Anthurium Magnificum,  Anthurium Regale, Anthurium Clarinervium, dan Anthurium Warocqueanum.

Anthurium Magnificum
Ciri khas dari seksi ini yang menonjol, antara lain batangnya pendek, juga tangkainya yang juga tak terlalau panjang. Namun daunnya rata-rata bisa tumbuh memanjang dan berbentuk segitiga. Ciri lain yang selalu melekat pada keluarga seksi ini, adalah adanya bulu halus seperti beludru di permukaan daunnya.

Anthurium Regale
Beludru di permukaan daun itu disebabkan oleh kromosomnya, yakni memiliki B kromosom. Beberapa spesies yang memiliki kromosom sejenis umumnya juga ditandai dengan adanya sayap di tangkainya.

Anthurium Warocqueanum
Sejumlah botanist meyakini, sejumlah spesies di seksi ini banyak beredar di Asia karena memang relative bisa hidup di mana saja. Juga banyak digemari oleh nursery-nursery yang gemar melakukan hybridisasi karena anggota seksi cardiolonchium dikenal open (intercrossable). Alias gampang disilang-silangkan bahkan dengan spesies anggota kelompok seksi lainnya.

Wajar bila ada banyak hybrid yang terlahir mewarisi "dara" dari salah satu spesies anggota seksi cordiolonchium. Jadilah sekian banyak hybrid kuping gajah ini. Misalnya, saat crystallium diserbuki oleh Anthurium luxuriens (sirih).

Anthurium Clarinervium
Namun meski tergolong tak memilih pasangan, namun sejumlah eksperimen menunjukkan, anggota seksi cardiolonchium ternyata susah bertemu dengan sejumlah seksi anggota seksi pachyneurium yang di dalamnya antara lain menghimpun spesies jemani.

Nah...loh... gagal sudah angan-angan melahirkan jemani cobra berdaun beludru.



Kelompok Daun Beludru yang Gampang Disilangkan

Artikel Terkait:
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar