Mengkarbit Buah Agar Cepat Matang

Mengkarbit Buah Agar Cepat Matang

Menunggu buah menyembul keluar dari tongkol? Kelewat lama, apalagi menunggu sampai seluruh buah yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan itu mencuat dari tongkolnya. Wah....nggak sabar...tuh!!


Bisa kok mempercepat panen. Caranya, potong tangkai tongkol saat beberapa buah sudah terlihat keluar (muncul) dari tongkol. Emang banyak yang mengingatkan, buah yang dipaksa dipanen kelewat muda kemungkinan bisa berkecambah amat kecil. Tapi trik potong tongkol saat buah baru masak sebagian itu sudah dilakukan oleh breeder-breeder Solo maupun di Prigen, Jatim.

RENDAM GULA
Setelah tongkol dipotong dari indukan, breder-breder di Prigen segera mencelupkannya ke dalam larutan gula selama semalam. "Besoknya, buah-buah yang masih mentah itu akan segera mencuat dari tongkolnya. Berati sudah masak serta siap disemaikan," yakin salah seorang breeder Anthurium asal Ledug, Prigen, Pasuruan.

RENDAM VIT B1
Sementara itu breeder di Solo memilih larutan vitamin B1 untuk merendam tangkai tongkol (posisi tongkol ada tak terendam) ke dalam larutan vitamin B1. Perbandingan larutan itu 1-2 cc untuk 1 liter air.

Dengan cara ini meski tongkol sudah dipotong dari indukannya, namun biji-biji yang menempel di tongkol akan tetap bisa matang. Bahkan dengan dikarbit seperti ini panen akan bisa dipercepat 1-2 minggu. Kematangan buah yang mengandung biji (oce) juga relatif lebih serempak.



Mengkarbit Buah Agar Cepat Matang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar