Varigata dan Karakter Tidak Muncul Tiba-Tiba

Varigata dan Karakter Tidak Muncul Tiba-Tiba
Melalui Proses Sejak Masih Biji

Kalau Anda ingin mendapatkan Anthurium berkarakter, belilah yang sudah jadi atau yang sudah berusia dewasa. Karena karakter yang sudah muncul saat dewasa dijamin tidak bakal hilang atau meluntur.


Sebaliknya bila membeli saat masih berusia bibitan atau ABG, seringkali masih mengalami perubahan karakter, walaupun saat itu karakternya sudah tampak jelas.

Tapi kalau ingin membeli bibitan dengan pertimbangan harga murah, kemudian besarnya berharap jadi koleksi yang istimewa, perlu belajar soal proses perubahan karakter Anthurium. Sebab dengan memahami proses perubahan Anthurium aatau yang biasa disebut-sebut sebagai mutasi, kita bisa beli tanaman saat bibit dengan harga murah. Tapi yang berkarakter bagus dan bisa berharga mahal.
Menurut beberapa kolektor ANthurium yang selama ini pandai membaca proses perubahan karakter Anthurium, dengan mempunyai pengetahuan membaca proses perubahan karakter setiap tanaman. Iu menjadikan kita tidak mudah dibohongi penjual dan bisa mendapatkan tanaman dengan harga wajar.

Sedangkan untuk bisa mendapatkan pengetahuan tentang proses perubahan karakter Anthurium harus rajin dan tekun mengamati koleksinya secara rutin. Sebab kemunculan karakter atau gen asli dari setiap Anthurium dari berbagai jenis Anthurium melalui proses, maka sifat gen asli dari setiap Anthurium muncul sedikit demi sedikit.

Tanda-Tanda

Ada tanda-tanda kemunculan perubahan karakter saat tanaman masih bibit. Tapi kebanyakan munculnya perubahan karakter itu saat tanaman mulai menginjak dewasa. Sebelum mengalami perubahan karakter umumnya diawali dengan munculnya sejumlah tanda-tanda.
Misalnya jemani golden, biasanya dimulai munculnya sedikit warna kuning di bagian tangkai daun. Saat kemunculan daun berikutnya warna kuning di bagian tangkainya lebih banyak. Dan begitu seterusnya di kemunculan daun-daun berikutnya warna kuning mulai menyebar di bagian permukaan. Lalu lama-lama warna kuning memenuhi seluruh permukaan daun berikutnya. Kalau sudah begitu, maka setiap kemunculan daun baru sudah pasti akan kuning penuh.

Demikian pula dengan yang namanya Anthurium varigata. Munculnya varigata juga melalui proses perubahan gen secara perlahan-lahan. Bibitan berdaun hijau, dewasanya bisa berubah varigata. Perubahan tanaman berdaun hijau menjadi varigata kebanyakan dimulai dengan adanya bercak warna putih atau kuning kecil di permukaan daun.

Pada kemunculan daun berikutnya bercak putih atau kuning itu mulai melebar atau leih besar. Muncul daun lagi warna putih atau kuning makin meluas lagi sampai suatu saat muncul daun baru permukaannya sudah full varigata.

Varigata dan Karakter Tidak Muncul Tiba-Tiba
Melalui Proses Sejak Masih Biji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar