Anthurium yang Keren Itu, Gimana Sih?

Anthurium yang Keren Itu, Gimana Sih?


Siapapun pastilah menginginkan Anthurium-nya tampil bagus dan memukau. Bagaimana sih kriteria bagus dan keren itu? Seidaknya, parameter penilaian juri di arena kontes bisa kita jadi pedoman untuk menentukan bagus tidaknya Anthurium. Inilah beberapa poin penilaian seperti yang biasa dipakai oleh Perhimpunan Florikultura Indonesi (PFI) maupun asosiasi-asosiasi lainnya. Tentu bisa kita pinjam buat melihat sesosok Anthurium itu bagus atau tidak.





PERFORMA
Adalah poin yang diperoleh dari kesan pada pandangan pertama tanaman tersebut  Yang bagus, adalah yang susunan daunnya terlihat serasi dan kompak atau yang biasa juga diistilahkan dengan roset. Karena itu sebaiknya yang dikonteskan memiliki daun tak kurang dari  6 helai.


TEKSTUR DAUN
Biasanya, setelah melihat performa, juri akan lebih mendekat untuk memperhatikan lebih detail tekstur daunnya. Yang diperhatikan, antara lain ketebalannya (tentu saja kelas jemani yang berdaun lebih tebal takkan disamakan dengan Anthurium lain yang berdaun agak lebih tipis).

Saat menilai tekstur daun itu juri juga akan memperhatikan permukaannya. Apakah mulus mengkilap atau tidak. Dan itu juga harus nampak kokoh dan sehat. Urat daun juga harus kuat dan menonjol.

BENTUK DAUN
Inilah salah satu poin keindahan Anthurium, yakni daunnya. Tentu saja sedap dipandang mata. Antar satu daun dengan lainnya tak terjadi perbedaan yang mencolok, lebih dari bentuk, ukuran maupun warnanya.


KESEHATAN
Tak hanya memperhatikannsecara keseluruhan tanaman mulai daun, tangkai bahkan tongkol. Tetapi juga memperhatikan perakarannya. Karena sehat tidaknya tanaman akan mempengaruhi penampilannya secara keseluruhannya.


KOMPOSISI POIN PENILAIAN PERFORMA
1. Penampilan keseluruhan  30%.
2. Kerapian bentuk, ukuran dan susunan daun 30%.
3. Kesehatan 20%.
4. Kelangkaan 20%.


Anthurium yang Keren Itu, Gimana Sih?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar