Media Kelewat Asam

Media Kelewat Asam
Keriput, Berjerawat dan Mengering, Pupukpun Jadi Mubadzir

Kok jadi tak seindah dulu..ya?? Kena virus?? Atau gangguan penyakit?? Belum tentu.
Bisa jadi tanaman kesayangan itu lagi difensiasi alias kurang unsur hara (makro dan mikro). Bisa juga keasaman atau pH media tanamnya terlalu rendah(asam) sehingga tanaman tidak bisa tumbuh sempurna meski dirawat ekstra.

Selama ini hal-hal yang sering jadi "momok" pada Anthurium adalh daun tepi kering, ujung mengeriput, daun bintik-bintik kuning dan sebagainya.

Bagaimana mencegah agar sang jerawat pada daun ini tak muncul?? Pertama cek dulu keasaman media tanamnya. Usahakan pH (derajat keasaman) harus normal. Kalu tidak normal alias terlalu asam, pupuk yang diberikan tidak bisa diserap akar dengan maksimal. Jadi diperlakukan bagaimanapun, dipupuk pakai apapun, percuma.

Bagaimana cara mengetahui kalu media tanam terlalu asam atau terlalu basa?? Ya jelas harus diukur pakai pH Meter. Alat inia bisa dibeli di toko pertanian yang harganya relatif murah. Keasaman media tanam perlu diukur karena setiap saat selalu berubah. Karena itu alat ini seharusnya wajib dimiliki oleh Anthuriumania.

MEMBACA INDIKATOR
Bagaimana melihat media tersebut basa atau asam?? Lihatlah pH meter. Bila angkanya menunjukkan di bawah 6,5 berati media dalam kondisi asam. Pertanda perlu dikurangi keasamannya. Caranya cukup sederhana, cukup taburi dengan Dolomit, Calsit atau Kapur Pertanian yang bisa dibeli di toko-toko pertanian.

Yang terbaik buat media tanam adalah bila pH meter tersebut menunjuk angka 7 yang berati netral. Saat  pH media tanam sudah terjaga netral di kisaran angka 7, maka tugas selanjutnya adalah memberi pupuk lengkap mulai pupuk makro N, P, K, Ca, S dan Mg. Sampai pupuk Mikro yang mengandung Cl, B, Mn, Fe, Zn, dan Mo.

Bagaimana andainya di atas 7, berati basa. Memang jarang terjadi karena sejumlah perlakuan seperti pemberian pupuk dan lain-lain justru menambah tingkat keasaman. Namun menetralkan media yang terlalu basa bisa dilakukan dengan menyemprotkan larutan HCl dengan konsentrasi sangat rendah, misal 0,001 M.

Media Kelewat Asam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar