8 Alasan Hookeri Lebih Disuka

8 Alasan Hookeri Lebih Disuka


Ada sejumlah alasan kenapa Anthurium berdaun relatif lebih tipis namun bersosok lebih mempesona itu lebih digemari.

1. Jenisnya Seabrek

Salah satu yang membuat hookeri digemari adalah karena keberagaman jenisnya yang bisa mencapai ratusan. Belum lagi variasi warnanya yang beragam, mulai hijau gelap, hijau segar menyerupai lemon sampai yang merah ngejreng batang daunnya hingga gelap brownies.
Variasi daun juga amat banyak serta tak monoton. Bahkan disisi daunlah hookeri bisa disebut mengalahkan aneka jenis Anthurium lainnya.

2. Harga Relatif Miring

Untuk alasan yang stu ini memang sangat relatif sebenarnya. Pasalnya aja beberapa jenis yang kini di puncak singgasana harga, sebut saja Black Beauty dan Burgundy, harganya bahkan merendengi jemani kelas atas. Namun sejumlah klan hookeri lainnya memang relatif terjangkau.

3. Mau Hidup Dimana Saja

Nampaknya alasan inilah yang membuat hookeri begitu disuka. Jenis Anthurium yang satu ini dikenal tak cerewet, terutama yang bertangkai, pohon dan hijau.

Bila umumnya aneka jenis Anthurium maunya ditanam di dataran tinggi 500-1000 dpt (di atas permukaan laut). Maka hookeri mau tumbuh subur dan ranum di dataran rendah seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin atau Makassar serta Denpasar yang suhunya dikenal panas serta tak lembab.

Bahkan yang berciri khas kelir gelap atau merah, juga masih bertoleransi di dataran rendah. Black Beauty atau Burgundy, misalnya, tak begitu kehilangan pesona browniesnya meski ditanam di kota-kota dataran rendah. Namun akan lebih mengkilap lagi warnanya bila kita bisa menjaga suhu dan kelambabannya.

Beda misalnya, bila memelihara jemani berciri khas warna kegelapan, bakalan mudah berubah warnanya saat dipelihara di dataran rendah yang bersuhu panas.

4. Tak Cerewet

Keunggulan lainnya, hookeri juga dikenal tak cerewet. Mudah beradaptasi serta tak menuntut perawatan terlalu ekstra. Tak rutin menyirami, juga tak masalah. Beberapa jenis hookeri yang tangguh, antara lain: hookeri Hijau, hookeri Batang Merah, hookeri Rumpun Lemon, Krisbum, Green Beauty.

Soal media tanam-pun juga tak kelewat memilih. Karena di habitat aslinya hookeri cenderung ephyfit. Mirip anggrek, akar serabutnya yang berukuran besar-besar bisa menyerap makanan dari mana saja. Bahkan bergantungan atau menempel di pohonpun oke saja.

5. Mudah Bongsor

Salah satu kelebihan hookeri lainnya adalah mudah bongsor. Memperhatikan pola perawatan yang dilakukan Anthuriumania saat ini, yang amat memanjakan tanamannya, jelas bakal membuat hookeri makin bersuka cita. Pasalnya, dengan pola perawatan seadanya saja, hookeri sudah bisa hidup nyaman dan subur.

Apalagi disiram rutin disemprot juga rutin kemudian dipupuk secara periodik. Jelas akan membuatnya jadi cepat besar dengan daun hijau lebat nan ranum.

6. Cepat Berbuah (Tongkol)

Jangan bandingkan dengan aneka jenis jemani yang membutuhkan umur sampai 3-4 tahun untuk siap berbuah (bertongkol). Karena hookeri hanya butuh 1-1,5 tahun untuk siap memunculkan tongkolnya.

7. Tumbuh Merumpun

Kelebihannya yang satu ini juga membuat hookeri disukai (tidak hanya di Indonesia tetapi juga diluar sono). Yakni cenderung tumbuh merumpun, terutama jenis-jenis berdaun lebar dan memanjang seperti hookeri Batang Hijau atau Batang Merah.

Apalagi yang berjeis hijau rumpun, jelas dari sononya sudah bertipikal merumpun. Hingga cepat meroset (komposisi daun yang berimbang) sehingga enak dilihat. Karena mudah merumpun jelas gampang dibiakkan, yakni dengan cara displit anakannya.

8. Mudah Dikawin Silangkan

Karena sejumlah kelebihannya itulah hookeri paling banyak dimanfaakan untuk dikawin silangkan baik dengan jenis-jenis Anthurium lainnya, bahkan jemani. Sifat-sifat unggl hookeri itu diharapkan menurun ke anakan hasil perkawinan silang tersebut. Antara lain bentuknya yang roset, aneka bentuk daun serta warna-warnanya yang tak monoton.


8 Alasan Hookeri Lebih Disuka
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar