Menyilang Butuh Waktu dan Ketelatenan

Menyilang Butuh Waktu dan Ketelatenan

Pengalaman Hariyanto, seorang guru SD yang sudah puluhan tahun menekuni dunia hookeri. Dari ketekunannya, bapak yang tinggal di Gebung, Katikan, Kedunggalar, Ngawi, Jatim, ini berhasil memajukan desanya dengan Anthurium.



Untuk mendapatkan hasil silangan yang bagus, tentu membutuhkan waktu yang lama. Juga ketelatenan. Tak cukup setahun mengetahui hasilnya, tutur Hari.

Buat gambaran, dari mulai dikawinkan saat masih  tongkol sampai siap menjadi bibitan minimal membutuhkan waktu setahun Usai dikawinkan, tongkol itu akan butuh waktu lebih dari 5 bulan untuk siap dipanen untuk kemudian disemai. Setelah biji berkecambah juga masih memerlukan waktu 1-2 bulan untuk bisa mengeluarkan 2-3 helai daun.

Sampai remaja, hingga bentuk dan karakter tanaman bisa terlihat jelas paling tidak membutuhkan waktu 6 bulan lebih. Baru beranjak dewasa, atau berumur sekitar setahun, bisa dilihat bagus atau tidak.

Jadi kita harus telaten dan sabar, ia berharap maklum. Bila memang bagus, Hari akan meneruskannya, tapi bila kurang bagus ia akan menyetop persilangan tersebut. Karena mengedepankan kualitas itulah ia tak asal rilis produk cross breed-nya.

Berdasar pengalaman saya, hasil silangan yang saya lakukan selalu memilki nilai plus alias lebih baik dari kedua indukannya.


SEJUMLAH HIBRID FAVORIT HARI

Dari sekian banyak hasil silang Hari, ada beberapa yang begitu difavoritkan oleh komunitas Anthuriumania. Inilah beberapa hasil silangannya:
1. Dark Green
Adalah persilangan antara hookeri Hijau dengan garuda Merah.
2. Red Devise
Persilangan antara hookeri Merah dengan Black Selvit.
3. Silver Green
Produk hasil persilangan dari hookeriHijau jenis Wayang dengan hookeri Merah Lokal.
4. Garuda Beauty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar