Black Series Tak Semua Tahan Panas

Black Series Tak Semua Tahan Panas
Awas daun Terbakar Akibat Terapi Panas

Berawal dari keinginan mengoleksi Anthurium Black Series di daerah panas atau datarn rendah. Yang terjadi, si hitam manis justru merana. Bukannya makin gelap tetapi malah lenyap gejala kegelapannya.


Maklum untuk jenis Black Beauty sering hitamnya pudar begitu diboyong ke daerah panas seperti Surabaya, Semarang atau Jakarta. Karena itu bila menginginkan koleksi black series sebaiknya memilih black series yang tahan panas. Dan terbukti begitu dipelihara di daerah panas hitamnya tambah legam.

Belakangan berkembang informasi bahwa untuk black series daerah panas maka hitamnya semakin legam saat ditanam di kawasan berhawa panas. Namun realita itu membuat banyak Anthuriumania yang salah mengartikan. Mereka menganggap black series spesialis panas justru akan makin legam saat intensitas panasnya ditambahi. Akibatnya fatal!!

Tak sedikit Anthuriumania yang kemudian lantas menjemur Anthurium black-nya dengan harapan biar semakin hitam. Saking semangatnya mereka melakukan terapi panas sampai ada yang menjemur di tempat terbuka tanpa paranet sama sekali. Itu dilakukan tidak saat pagi hari saja tetapi bisa sampai jam 11.00 siang.

Lalu apakah benar daunnya lebih hitam? Ternyata tidak. Justru ujung daunnya terbakar (sunburn). Anthurium khususnya jemani dan black series, sebisa mungkin ditempatkan di lokasi yang ada naungan. Di bawah pohon bisa, teras juga bisa tetapi paling praktis dan aman yaitu memelihara tetap di bawah paranet atau polykarbonat.

Amati Bentuk Daun

Anthurium tanaman hias indoor maka tidak tahan bila terkena sinar matahari langsung. Selama bentuk daunnya seperti hati maka ketahanan terhadap panas masih terbatas. Karena di situ ada gen Black Beauty atau Black Selvit yang memang tidak tahan di daerah panas. Dan sebisa mungkin tidak menjemur Anthurium terlalu lama pada saat bibitan. Dampaknya daun lemas dan bisa mati.

Namun bila mendapati yang berdaun memanjang seperti keris hitamnya legam maka jenis ini lebih tahan panas. Sayangnya jenis ini dianggap kurang menarik sehingga penggemarnya terbatas.

Yang Tahan dan Tidak Tahan Panas


Agar tak salah kaprah sebaiknya memahami beberapa jenis Anthurium yang dikenal tahan dan tidak tahan panas. Urutan ketahanan panas Anthurium dari yang tidak tahan panas sampai yang tahan panas adalah sebagai berikut:
- Jemani
- Black beauty dan variannya
- Hookeri dan keluarga hookeri
- Gelombang Cinta

Black Series Tak Semua Tahan Panas
Awas daun Terbakar Akibat Terapi Panas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar