Gelombang Cinta Raffles Susah Berbiak?

Gelombang Cinta Raffles Susah Berbiak?


Tanaman ini sebenarnya Anthurium Plowwanii Pruffles atau di sini dikenal dengan Gelombang Cinta Raffles. Jenis ini memang dikenal sebagai salah satu jenis Gelcin yang tongkolnya susah sekali menjadi masak. memang tongkolnya seringkali susul menyusul sehingga rajin berbuah.
Tapi itu dia, tongkolya itu ternyata susah sekali dibuahi kemudian menjadi mask dengan tanda-tanda seprti ada benjolan di permukaan tongkol yeng beberapa saat kemudian benjolan itu akan terlihat seperti kacang hijau. Lalu menjadi merah dan masak.

Tongkolnya setelah berlendir kemudian keluar serbuk sari wana putih lalu lama-lama seperti ditempeli tepung. Tak lama kemudian nampak layu, ukurannya mengecil mengering kemudian menunduk. Mati. Itulah tanda-tanda seperti juga sering dikeluhkan oleh banyak Anthuriumania lainnya.

Belajar dari pengalaman sejumlah breeder, tongkol yang pertama dan kedua biasanya memang mati seprti itu...Namun tongkol ke tiga biasanya hidup meski proses penyerbukannya tak dibantu manusia (dikawinkan). 

Selain itu selama tongkol dalam proses penyerbukan sebaiknya juga jangan sampai terkena air. Tujuannya agar serbuk sari tak luntur saat proses penyerbukan. (Baru setelah muncul kacang ijo harus sering disemproti).
Selain itu coba tambahkan unsur K agar tongkolnya tumbuh sehat selama proses penyerbukan kemudian pemasakan. Coba juga mengawinkannya dengan jenis Gelcin lain, yakni memakai serbuk sarinya buat dioleskan ke tongkol gelcin lain yang kebetulan tengah mengeluarkan madu (nectar). Atau sebaliknya. Selamat mencoba...!!!

Gelombang Cinta Raffles Susah Berbiak?

Artikel Terkait:
Gelcin, Si Klasik yang Tak Lekang Jaman
Black Blade, Perpaduan Raja dan Ratu Anthurium 
Garuda yang Mendunia
Gelombang Cinta Raffles Susah Berbiak?  
Anthurium Corong, Lentii, dan Bintang Kejora, Masih Semoyang? 
Anthurium Jari Membawa Hoki 
Lidah Naga, Disebarin Antar Kolektor 
Anthurium yang Membawa Hoki


Tidak ada komentar:

Posting Komentar