Memburu Anthurium Kelas Kontes

Memburu Anthurium Kelas Kontes

 

Yang harus diperhatikan di dalam mencari Anthurium untuk dijadikan tanaman kelas kontes antara lain: secara fisik harus mencerminkan karakteristik kekhasan dari sebuah kultivar.  Maksudnya, tanaman itu tak membuat juri yang melakukan penilaian dan penggolongan bingung karena tanaman bersangkutan memiliki lebih dari satu karakter. Terutama, misalnya masuk ke kelas jemani namun bau hookerinya masih kental. Hybrid begini yang kadang membuat juri bingung.

[DSC03998.JPG]Kemudian yang terutama adalah soal fisik tanaman bersangkutan. Tentu saja harus indah dan eksotis dipandang mata. Dan karena itu jelas harus sehat. Tak ada daunnya yang rusak serta membentuk susunan yang simetris dan roset. Untuk mandapatkan tanaman yang seperti ini jelas susah. Apalagi buat jemani, kalaupun ada jelas harganya tak murah lagi.

Selengkapnya bagaimana trik memilih Anthurium dewasa yang siap dikonteskan, secara garis besar adalah sebagi berikut:

1. Selektif dalam hal pembelian.
Ini yang dimaksud. Untuk memilih tanaman tadi, lihat dulu kondisi tenamannya mulai dari tingkat kesuburan, kemudian keutamaan daun, juga pola daun nanti akan lari kemana. Juga jangan ketinggalan, pilih urat atau list daun yang memilki batik indah dan timbul ke atas.

2. Ketahui faktor keturunannya.
Alangkah baiknya bila saat hendak membeli tanaman tadi, kita harus tahu dulu indukannya. Jangan terkecoh dengan foto yang ditampilkan oleh penjualnya. Karena kemungkinan besar itu ada modus penipuannya. Belum tentu tanaman tadi realitanya seperti yang ada di foto. Dan karena itu lebih baik mengecek langsung dengan melihat langsung fisiknya.

Dengan begitu kita juga tahu jelas Anthurium ini berasal dari kultivar apa. Apalagi bila yang kita beli adalah anakannya, induk jantan betina sebaiknya juga kita ketahui. Pasalnya kadar penyimpangan anakannya bisa mencapai 20% - 30%. Ini untuk bibit yang diambil dari biji atau generatif.

Lebih aman memang membeli dari hasil splitan bonggol. Karena dijamin mirip dengan indukannya. Namun sayangnya hasil splitan bonggol itu susah sekali yang sudah dalam keadaan "jadi". Umumnya masih dalam masa pertumbuhan sehingga posturnya masih kurang bagus sehingga belum layak dikonteskan.

3. Membaca market pasar.
Yang tak kalah pentingnya adalah saat memutuskan membeli calon gacoan kontes, sebaiknya juga kita ketahui situasi pasar kultivar bersangkutan. Setidaknya kita harus tahu prospeknya 3-6 bulan ke depan. Apakah masih difavoritkan sehingga harganya bisa bertahan. Atau sebaliknya, bakalan cepat ambruk pasarannya.

Ini penting karena Anthurium adalah barang hobi. Selera masysrakat bisa berubah sewaktu-waktu. Misalnya pada saat ini kultivar ular-ularan tengah di atas. Apakah masih bertahan di atas sekian waktu kemudian.

Setelah mendapatkan gacoan kontes yang kita inginkan, sebaiknya segeralah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan buat mendukung pertumbuhannya. Tempat yang nyaman tak kelewat lembab atau panas. Sirkulasi udara yang baik, serta soal pemupukan dan pengobatan. Ada baiknya merek-merek dan pola perlakuan pemilik lama dipertahankan dulu biar tak terjadi syok. Setelah dianggap sudah beradaptasi barulah perlakuan bisa diubah perlahan-lahan.

Memburu Anthurium Kelas Kontes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar