Anthurium Schlechtendalii

Anthurium Schlechtendalii
Si Keris Berdaun Lebar

 
Susah sekali mengeja nama spesies yang satu ini : Anthurium Schlechtendalii atau baca saja skletendali. Melihat postur dan bentuk daunnya, bisa jadi Anthuriumania kita bakal mengklaimnya sebagai hybrid jemani x keris atau bahkan jemani x gelcin.

Padahal jelas-jelas yang satu ini adalah spesies yang hidup di Amerika Tengah sana. Alias asli. Namun dengan melihat bentuk daun dan posturnya dikhawatirkan bisa memunculkan anggapan yang satu ini adalah hybrid jemani x keris atau jemani x gelcin. Pasalnya diakui sebagai turunan jemani memang masih layak.

Bentuk daunnya memanjang berdiri tegak serta tebal dan mengkilap. Serat dan urat daunnya juga lumayan menonjol kuat. Tangkainya kotak kekar yang menunjang pertumbuhan daunnya hingga tegak berdiri menodong langit. Itulah salah satu ciri-ciri keris. Hanya saja daunnya kelewat lebar dibanding keris.

Selain itu, ciri-ciri turunan gelcin juga nampak pada spesies ini. Yakni daunnya yang memanjang dengan ombak di tepiannya. Mirip daun gelcin meski punya gelcin cenderung menekuk ke samping hingga nampak rebah. Sedang tongkolnya justru lebih dekat ke keris. Bertangkai panjang menjulur ke atas tapi ukurannya tak begtu besar. Wana buahnya (tempat oce) juga merah menyala mirip buah di tongkol gelcin.

Ada sederet nama yang setidaknya mirip Anthurium Schlechtendalii. Mulai krisbum, black pearl sampai keris gelcin. Entah apakah nama-nama itu sebenarnya adalah Anthurium asal Panama ini yang kemudian diberi nama berbeda-beda atau murni produk hybrid Anthuriumania kita atau breeder Thailand.

Anthurium Schlechtendalii
Si Keris Berdaun Lebar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar