Anthurium Wendlingeri

Anthurium Wendlingeri

  

http://toptropicals.com/pics/garden/m1/raznozw/Anthurium_wendlingeri4589.jpgKalu mau jujur, harus diakui inilah Anthurium yang paling eksotis. Sampai-sampai namanya mencatut lingeri (pakaian dalam cewek). Digolongkan ke dalam seksi Porphyrochitonium. Wendlingeri juga hidup di Amerika Selatan. Hidup secara epifit dengan menggantung di pohon-pohon besar, spesies ini memiliki ciri khas daun yang panjang hingga mencapai 2 meter.
Bukan hanya daunnya yang tak terlalu lebar namun memelintir yang panjang menggantung, tapi akarnya juga super. Berdiameter kecil-kecil namun jumlahnya amat banyak serta bisa menjulur amat panjang. Sepintas jadi mirip rambut blonde yang terurai panjang. Akar itu akan semakin lebat saat tanaman ini sudah relatif berumur.

EKSOTIKA TONGKOL

Yang paling eksotis bukan hanya daunnya yang menggantung panjang berlomba dengan akarnya yang lebat dan panjang. Tetapi juga tongkolnya, menjuntai dengan tangkai yang panjang, spadiks (tongkol)-nya juga berbentuk unik. Berwarna putih meliuk-liuk panjang hingga membentuk spiral.
Seludangnya yang berwarna kemerahan itu sepintas jadi seperti pita, karena juga meliuk-liuk meski tak terlalau panjang.

Sayang sekali spesies ini agak rewel saat dibawa ke daerah tropis. Karena acap tak bisa tumbuh normal. Di sini sebetulnya sudah bisa ditemukan, coba saja cari-cari yang jual Anthurium Selendang.

Tapi perhatikan, Anthurium Wendlingeri memiliki ciri khas, sejak kecil akarnya sudah terlihat amat suburm berdiameter kecil-kecil tapi amy lebat dan banyak. Inilah ciri khasnya yang paling bisa dilihat dibanding jenis-jenis Anthurium Selendang lainnya.

Anthurium Wendlingeri

3 komentar: