Arace Lain yang Mirip Anthurium

Arace Lain yang Mirip Anthurium

Awas loh, kalau tak teliti benar maunya membeli Anthurium tapi malah kesasar mendapatkan salah satu "saudaranya"-nya. Di keluarga Arum ini terdapat lebih dari 104 genus dan sekitar 3700 spesies. Tentu tak menutup kemungkinan di antara spesies-spesies tersebut bisa serupa termasuk juga spesies Lemnaceae.

Misalnya Philodendron. Kemiripan semua jenis spesies tersebut bisa dilihat dari cara berkembang biak, bentuk daun dan mungkin juga warnanya. Beberapa ada yang hidup sebagai tanaman epifit atau hemiepifit yang menjalar. Juga Anthurium Clrinervium yang beda dengan spesies Anthurium lainnya. Dari Anthurium Clarinervium ini juga kita bisa belajar bahwa Philodendron dan Anthurium atau bahkan dengan family Araceae sangat dekat. Anthurium Clarinervium memiliki perbedaan juga pada fisik dibandingkan dengan Anthurium yang lain.

Salah satu yang sudah jelas adalah sifat daunnya. Sifat daun pada Anthurium Clarinervium lebih lembut dan mirip dengan beludru. Berbeda dengan sifat daun spesies Anthurium lainnya yang berdaun mengkilap, bertekstur dan memilki permukaan daun licin.

Bahkan umumnya orang awam tidak mengenal bahwa tanaman yang akrab disebut "kuping gajah" ini masih termasuk dalam jenis Anthurium. Ini tidak lain karena beda ciri khas daun Anthurium yang umum dikenal masysrakat dengan Anthurium Clarinervium.

Namun disamping beda, ternyata Anthurium Clarinervium memiliki kembaran lain di jajaran Araceae. Mau tahu apa saja yang mirip dengan Anthurium Clarinervium atau "kuping gajah" ini?? Kemiripan yang dibahas bukan hanya warna atau motif melainkan juga bentuk daun.

Philodendron Mamei


 

Salah satu yang hampir serupa dengan Anthurium Clarinervium. Dan lagi-lagi dari bangsa Philodendron, yaitu Philodendron Mamei. Memang tidak mirip sekali, namun motif warna daunnya hampir serupa. Apalagi dengan bentuk daun yang juga mirip dengan Anthurium Corong. Cuma wujudnya memang selalu besar, sebagai ciri khas daun Philo yang masuk urutan kedua setelah Anthurium dalam size daun.

Philodendron Verrucosum


 

Satu lagi yang hampir serupa adalah Philodendron Verrucosum. Tanaman  berdaun besar ini biasanya tumbuh di cabang pohon dengan cara merambat dan menempel. Dari bentuknya sangat mirip dengan Anthurium Clarinervium. Begitu juga dengan motif urat daun pada daunnya.

Bila Philodendron Verrucosum ini masih kecil dan dijajar bersandar dengan Anthurium Clarinervium maka akan terlihat kemiripan keduanya. Tapi bila masih belum yakin coba lihat wujud daun Philodendron Verrucosum wujud kecil dengan Anthurium Clarinervium. Pasti wujudnya akan serupa meskipun besarnya nanti daun akan berbeda.

Alocasia Reginula 
Alocasia reginula

 

Untuk kemiripan yang satu ini cuma dalam bentuk daun saja. Untuk motif dan juga permukaan daun sangat bertolak belakang. Alocasia Reginula memiliki bentuk daun licin dan mengkilap. Bila sepintas orang melihat, keduanya akan terlihat sama terutama untuk mata yang tak jeli melihat motif daun dan warna saat datang ke pameran tanaman hias malam hari

Philodendron Gloriosum


 

Ini adalah Araceae terakhir yang mungkin sepintas mirip-mrip dengan si kuping gajah. Wujudnya unik mungil besudut daun lebar dan memiliki bentuk waru bulat sempurna. Hampir mirip dengan wujud daun muda pada Anthurium Clarinervium asli. Kemiripan lainnya juga ada pada urat daunnya yang juga berwarna hjau menyala seperti halnya pada Anturium Clarinervium. Kalau sudah begini siapa yang bisa membedakannya semua. Maka hati-hati dan jangan sampai salah pilih tanaman. Beda spesies tentu beda harga bukan??

Arace Lain yang Mirip Anthurium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar