Memunculkan Kelainan dan Varigata

Memunculkan Kelainan dan Varigata
dengan Treatment Roundup 

Mau bikin varigata? Ada banyak cara, mulai yang sederhana sampai yang paling rumit. Prinsipnya, varigata sebetulnya adalah "merusak" tanaman bersangkutan sehingga menjadi punya kelainan. Salah satu cara yang relatif sederhana adalah dengan treatment Roundup.

Otak-atik gen Anthurium memang tidak ada habis-habisnya terutama bertujuan menghasilkan tanaman varigata. Beberapa bahan telah dicoba dengan harapan merusak gen Anthurium hingga memiliki morfologi dan pertumbuhan yang menyimpang dari asalnya.

Bahkan bahan-bahan ekstrem sekelas herbisida Roundup pun mulai digunakan untuk bahan coba-coba itu. Cairan yang aplikasinya lewat disemprot atau disiramkan itu adalah salah satu merek dagang herbisida yang banyak dijual di pasaran. Harganya juga tak mahal karena memang biasa digunakan oleh petani.

Kalau mau jujur, Roundup sebetulnya merupakan herbisida yang berfungsi membunuh gulma dan tanaman pengganggu lainnya di persawahan. Misalnya rumput, ilalang atau tanaman-tanaman pengganggu tanaman utama lainnya. Roundup itu cukup disemprotkan ke daun tanaman pengganggu maka tanaman itu akan segera mati dengan sendirinya.

Ironisnya, ternyata "keperkasaan" Roundup membasmi gulma itu bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan Anthurium "berkelainan", misalnya memunculkan varigata. Memang beresiko, karena bisa mendatangkan kematian bagi tanaman bersangkutan. "Asal dosisnya tak berlebih, tanaman itu akan bisa tetap hidup," tutur salah seorang Anthuriumania asal Malang yang kebetulan juga mahasiswa Fak. Pertanian

Ia setidaknya sudah mencoba terapi Roundup itu untuk menciptakan sejumlah Anthurium ABG dan remaja miliknya menjadi varigata. Varigatanya sempurna, bahkan sampai ada yang putihnya bles.

Sayang seperti diakuinya tak bisa permanen, varigatanya itu hanya sementara. Saat muncul tunas baru, biasanya akan kembali hijau, papar cowok yang ogah disebukan jati dirinya. "Entar saya dikira tukang tipu bikin varigata, padahal saya kan hanya eksperimen"..candanya. 

Menyimpang

Dimana Anthurium yang di treatment punya karakter yang menyimpang dari induknya. Umpama lekukan daun-daunnya jadi lebih terjal. Ada lagi daun-daun baru yang keluar berwarna putih alias albino. Bisa pula timbul bercak pada permukaan daun. Dan banyak lagi penyimpangan yang terjadi.
Mengingat senyawa dalam herbisida itu merusak gen dan jaringan maristem (titik tumbuh) Anthurium, maka titik tumbuh itu akan mengalami penyimpangan yang diekspresikan dalam bentuk daun-daun yang bermutasi tadi.

Sayang mutasi ini tidak berlangsung lama karena tanaman yang dieksperimen tadi akhirnya merana. Bahkan ia sulit tumbuh sempurna seperti induknya. Dengan demikian otak-atik ini butuh penelitian yang efektif dalam "melahirkan" Anthurium varigata.



Teknik Aplikasi, Cukup Disemprotkan

Adapun cara kerja Roundup demikian. Ketika larutannya disemprokan (dosis 2 cc per liter air) pada titik tumbuh bibit Anthurium, maka senyawa glyphosate yang terkandung di dalamnya langsung mengganggu proses anabolisme senyawa penting seperti pati, asam lemak atau asam amino dalam sel titik tumbuh Anthurium.

Senyawa Roundup itu menjadi kompetitor karena memiliki struktur yang mirip sekaligus menjadi konsubstrat dikenali oleh enzim yang menjadi sasarannya.

Cara kerja lainnya, senyawa kimia Roundup tersebut akan mengganggu keseimbangan produksi bahan-bahan kimia yang diperlukan dalam sel-sel Anthurium yang diuji coba.

Sementara aplikasi Roundup dalam coba-coba tersebut demikian:

- Siapkan bibit Anthurium umur 1-2 bulan dengan jumlah daun minimal 2 helai.
- Siapkan larutan Roundup dengan dosis 2 cc per liter air.
- Semprotkan larutan tersebut pada titik tumbuh (tunas pucuk) bibit Anthurium bersangkutan.
- Penyemprotan larutan tersebut cukup sekali saja.
- Bibit Anthurium dipelihara seperti biasa.
- Beberapa minggu berikutnya tunas-tunas baru akan tumbuh dengan kondisi yang menyimpang.

Mau Mencoba??

Memunculkan Kelainan dan Varigata 



Artikel Terkait :  
Memunculkan Kelainan dan Varigata
Varigata, Terjadinya Perlahan Mulai Bibitan
Varigata dan Karakter Tidak Muncul Tiba-Tiba 
Trik Mencetak Varigata Sejak Tongkol  
Bikin Corak Varigata Bertahan Selamanya
Memperpanjang Usia Bibitan Albino 
Memunculkan Mutasi dan Varigata
Yuk Mengenal Aneka Varigata 
Yellow Variegata, Menembus Batas Antar Spesies
Yang Khas dari Varigata Berkualitas 

15 komentar:

  1. sangat berguna sekali informasinya gan.
    tq ya.
    kunjungi juga ya gan http://www.berbakat-taman.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat sekali pak, saya punya tanaman varigata tapi sekarang sudah jadi hijau semua, kalau saya semprot roundup apakah bisa berdaun putih kembali? terima kasih :)

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat sekali pak, saya punya tanaman varigata tapi sekarang sudah jadi hijau semua, kalau saya semprot roundup apakah bisa berdaun putih kembali? terima kasih :)

    BalasHapus
  4. mantap. cari tumbuhan variegata. kunjungi Halaman Taman Store halamantaman.com

    BalasHapus
  5. Tolong kalo ada yg bs menjadikan tnmn var permanen hubg 081272682299 kt krj sama

    BalasHapus
  6. bagi tau dong cara mmbuat biar varnya permanen

    BalasHapus
  7. Bermanfaat sekali informasi nya
    Apa bisa jg utk tanaman berdaun tebal. Terimakasih

    BalasHapus
  8. Baik terima kasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. Cara buat var permanen bagaimana?

    BalasHapus