Bikin Corak Varigata Bertahan Selamanya

Bikin Corak Varigata Bertahan Selamanya


Sampai saat ini banyak Anthuriumania yang memperlakukan Jemani Varigata sama dengan jemani normal. Dimana Jemani Varigata tersebut diberi perlakuan pupuk kimia, pupuk daun, hormon sintetis dan formula kimia lainnya.

Padahal kalau mau tahu efeknya, corak varigatanya itu kadang bisa luntur alias menghilang. Bisa pula berubah menjadi corak lain. Atau bahkan menjadi daun yang normal kembali dengan ciri khas hijau, berkerut dan tebal. Itulah kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika Jemani Varigata disentuh dengan formula kimia.

Ir. Dede Bahar, kolektor asal Surabaya, punya tips jitu dalam mempertahankan corak dan warna daun Jemani Varigata. Apa?? Ternyata ia "mengharamkan" Jemani Varigata tersebut tersentuh formula kimia. Sedikitpun dilarang Jemani Varigata diberi perlakuan pupuk kimia.
 
Untuk meningkatkan pertmbuhan Jemani Varigata itu, Dede Bahar cuman memberi pupuk organik Guano (kotoran kelelawar). Kata dia, Jemani Varigata juga butuh unsur hara untuk mempertahankan pertumbuhannya. Tapi hara itu bukan disuplai dari formula kimia melainkan dari formula organik.
 
Pupuk yang diberikan pada media tanam berupa Guano. Pupuk ini ditebar tiap 2 bulan sekali dengan kadar 2 sendok makan. Supaya lebih efektif, media tanam Jemani Varigata itu dikocor pupuk organik cair yang mengandung mikroba-mikroba pengurai.

Dalam ini bisa mengocorkan EM-4, EM-8, Symbios dan lainnya. Pupuk organik cair ini dilarutkan dulu dalam air. Ditambahkan pula molase (tetes tebu) sebanyak 10 cc ke dalam larutan tersebut.

Lalu diaduk hingga merata serta dikocorkan pada media tanam tiap 2 minggu sekali sebanyak 250 cc per pot. Dengan perlakuan itu, Jemani Varigata tetap tumbuh normal tanpa merusak dan menghilangkan warna mutasinya. 

Bikin Corak Varigata Bertahan Selamanya 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar