Beda Black Pearl dan Krisbum

Beda Black Pearl dan Krisbum

 

Di Jateng ada fenomena menarik, yakni menyamakan Black Pearl dengan Krisbum. Krisbum ya Black Pearl atau Black Pearl ya Krisbum. Padahal kedauanya tentu saja berbeda. Sepintas saat ABG bahkan sampai remaja memang rada mirip. Tapi sesungguhnya keduanya berbeda. Bahkan spesiesnya pun juga berbeda.

Terlanjur seperti itu, kalau dibilang Black Pearl malah kurang diminati. Tapi kalau dibilang Krisbum malah disukai, tutur seorang pemilik nursery di sebuah pameran di Yogyakarta.

Usut punya usut salah kaparah itu ternyata dimulai oleh breeder di Bangkok. Mereka acap melabeli Black Pearl (Krisbum). Jadi jangan heran bila kemudian salah kaprah itu berlanjut hingga ke sini.

Waktu saya mendatangkan remaja dan indukan ke sini , karena memang Black Pearl ya saya sebut Black Pearl. Nggak tahu lagi kalau tenyata kemudian di Jateng dikatakan sebagai Krisbum, aku pemilik Santa nursery Surabaya.

Pemilik Santa Nursery Surabaya saat itu mendatangkan Black Pearl tak sampai seribu pohon. Setelah itu tak mendatangkan lagi karena yang diminta Krisbum tapi ujudnya Black Pearl. Saya sampai bingung, sambungnya.

BLACK PEARL

Black Pearl sendiri adalah spesies yang disebut-sebut berasal dari Australia namun belakangan banyak dikembangkan di Thailand. Saat masih remaja bentuk daunnya juga memanjang tegak namun agak berombak. Ciri khasnya, daunnya terlihat hijau gelap. Namun soal mutiara seperti disandang namanya, ya gak pernah terlihat ada dimana mutiara itu, tutur anthuriumania asal Sidoarjo.

Sosoknya sepintas mirip Gelcin terutama saat sudah mulai dewasa. Daunnya juga lebar-lebar serta berombak di tepiannya. Namun daun Black Pearl lebih tipis dibangding Gelcin. Namun saat masih bibitan berdaun 3-5 helai amat mirip dengan Gelcin. Akan terasa beda saat dipegang, daun Black pearl terasa lebih lembek dibanding daun Gelcin yang terasa lebih kaku dan tebal.

Di jatim, Black Pearl memang ternyata lebih populer dibanding Krisbum. Terjadi sebaliknya di Jateng.

KRISBUM

Yang ini juga berasal dari Thailand. Saat masih ABG memang nyaris mirip Bl;ack Pearl. Namun saat mulai sudah remaja, perbedaan itu akan segera terlihat. Postur Krisbum justru lebih dekat ke Keris yang konon adalah induk betinanya. Tumbuh tegak dengan daun berombak agak ekstrem di tepiannya namun tak bisa melebar.

Rajin bertongkol, buah Krisbum itu juga beda dengan Black Pearl. Tumbuh menjuntai tegak menuding langit, tongkol Krisbum juga terlihat lebih kurus. Yang mencolok dibanding Black Pearl, adalah kelir daun Krisbum yang cenderung hijau segar. ak hijau pekat seperti daun Black Pearl.

Beda Black Pearl dan Krisbum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar