Anthurium Coriaceum, Inikah Originalnya Anthurium Golok?

Anthurium Coriaceum
Inikah Originalnya Anthurium Golok?


Kita mengenalnya sebagai Anthurium Golok. Meski yakin sebagai salah satu Anthurium spesies, tak banyak yang mengetahui bahwa Golok sebenarnya adalah Anthurium Coriaceum.
 


Anehnya Anthuriumania di Malang dan sekitarnya malah mengenal Coriaceum (baca: koriasum). justru bukan seperti spesies yang sesungguhnya. Tetapi menyandangkan nama Coriaceum pada sejenis Krisbum. Padahal antara keduanya jelas memiliki perbedaan yang mencolok, Krisbum meski meski daunnya sama-sama berdiri tegak namun tepian daunnya berlekuk sementara Coriaceum tepian daunnya tak berlekuk.

Tangkai Coriaceum juga lebih panjang nyaris sepertiga panjang daunnya. Sedangkan Krisbum tangkainya pendek merapat ke permukaan media tanam. Panjang keseluruhan daunnya termasuk tangkai juga tak sampai 1 meter. Lebar daun Coriaceum yang oleh sebagian orang disebut Superbum mulus karena daunnya tak berkerut, juga maksimal 7-10 cm.

Ini jelas beda dengan Krisbum yang daunnya saja bisa mencapai 1 meter dan lebar daun bisa melewati 15 cm.

Posturnya berdiri tegak dengan daun memang mirip Golok. Tak salah bila kemudian Anthurium di Jabar dan Jabodetabek menyebutnya sebagai Anthurium Golok.

DI habitat aslinya, Coriaceum juga relatif produktif meski tongkolnya tak bisa menyembulkan buah sampai ratusan biji. Pasalnya seperti juga postur tanamannya, tongkolnya yang bertangkai pendek itu juga berukuran kecil.

Anthurium Coriaceum
Inikah Originalnya Anthurium Golok?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar