Anthurium Renaissance, Keris Langsing Berluk Rapat

Anthurium Renaissance
Keris Langsing Berluk Rapat


Anthurium Keris yang kita kenal selama ini, bila mengacu pada spesies yang ada, ternyata ada beberapa spesies. Itu tentu saja belum termasuk hybridnya. Renaissance, adalah salah satu kerabat dekat keris yang selama ini tertutup popularitasnya Krispimarginatum, spesies asli Keris.

Anthurium Renaissance sebetulnya lebih sah menyandang nama Keris. Pasalnya bentuknya lebih mirip Keris yang sesungguhnya. Berdaun lanset tinggi kurus dengan liuk lekuk di tepian daun yang rapat dan kecil-kecil. Lekuk itu tak terpengaruh oleh makin memanjangnya daun. Begitu juga dengan lebar daunnya, tetap maksimal hanya 7-10 cm saja meski daun itu sudah mencapai 1 meter lebih panjangnya.

Bedanya dengan Keris, Renaissance tak suka memanjangkan batangnya lalu memamerkan akar serabutnya yang menonjol jauh di atas permukaan media tanam. Renaissance meski sudah "berumur" batangnya tetap tak bisa memanjang. Yang menjulur tinggi hanyalah daunnya saja.

Karena itulah postur Renaissance tak bisa sejangkung Keris. Maksimal hanya setinggi total 1,5 - 2 meter.

LEBIH PRODUKTIF
Dibanding Keris, Renaissance juga tegolong lebih produktif. Karena saat usia remaja, sekitar setahun, ia sudah mulai mengeluarkan tongkol belajaran. Tak seprti Keris yang tongkolnya dikenal susah "jadi", tonggkol Renaissance juga rsjin memunculkan buah yang ranum yang didalamnya berisi biji (oce).

Karena itulah, besarkemungkinan bibitan Keris hasil pembiakan generatif yang banyak beredar di sini justru berasal dari Anthurium Renaissance ini dan bukan dari Krispimarginatum yang susah berbiak secarageneratif.  

Anthurium Renaissance
Keris Langsing Berluk Rapat



1 komentar: