Anthurium Jungle King dan Jungle Bush

Anthurium Jungle King dan Jungle Bush
Anthurium Jungle Bush


Anthurium Jungle King

Keduanya menyandang nama Jungle. Satunya Anthurium Jungle King dan satunya Anthurium Jungle Bush. Perlu diketahui, keduanya adalah termasuk Anthurium spesies yang hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Keduanya menyandang nama Jungle, karena memang penguasa hutan liar. Keduanya juga adaptif terhadap lingkungan yang ganas dan panas. Meski begitu keduanya punya ciri khas, berdaun super gede dan mampu tumbuh amat besar sampai setinggi dua meter.

Keduanya juga sama-sama sudah masuk ke Indonesia. Meski Jungle Bush lebih dulu dikenal di sini karena sejak akhir 80-an sudah banyak didagangkan oleh pedagang tanaman hias. Sementara Jungle King baru beberapa tahun saja menyusul.

Apa perbedaan antar keduanya??

Anthurium Jungle King
Anthurium Jungle King

Daunnya juga khas hookeri. Bisa tumbuh melebar di tengah dan panjang. Tepiannya bergelombang. Namun saking lebar dan panjangnya, tepi ketebalannya kurang mendukung di setengah panjang daunnya itu akan terlihat menekuk. Mirp air mancur yang memuncrat ke atas tapi segera menekuk di ujung jatuh ke bawah.

Kelebihan Jungle King, adalah daunnya yang mengkilap seta tembus pandang. Juga adaptif karena di habitatnya sana hidup di bukit bebatuan. Maka iapun mampu tumbuh sehat meski ditempatkan di pot yang kecil (terlihat jauh dari ideal dibanding sosoknya yang bongsor). Buat contoh, untuk ukuran tanaman setinggi 1,1 meter saja ia sehat tumbuh di pot ukuran 24".

Namun ada satu kelemahannya, ia tak suka kelewat panas alias ogah matahari langsung. Maunya di suhu 18-24 derajat Celcius. Tapi penyiraman cukup seminggu sekali saja. Karena itu tanaman ini cocok buat indoor yang membuat daunnya akan makin bertambah mengkilap.

Anthurium Jungle Bush
Anthurium Jungle Bush
Sekilas sosoknya mirip dengan Jungle King karena keduanya memang berasal dari satu seksi, yakni pachyneurium yang di dalamnya menghimpun spesies-spesies bird's nest (sarang burung).

Di sini lebih dulu dikenal. bahkan sangat populer akhir 80-an. Saat itu tanaman ini dikenal karena daunnya yang bak karet. Tak mudah patah. Bahkan mengetes asli atau tidaknya (dibanding green hookeri) adalah cukup melinting ujung daunnya dengan pensil. Kalu tak patah dan kembali ke sedia kala, itulah Jungle Bush yang asli.

Saat sama-sam dewasa, daun Jungle Bush juga relative lebih lebar dibanding dengan Jungle King yang meski lebar tapi cenderung rata dari pangkal ke ujung. Sedang daun Jungle Bush melebar di tengah.

Meski punya keunggulan daunnya yang lentur. Namun permukaannya kurang mengkilap. Tapi Jungle Bush tak rewel di lingkungan outdoor.

Anthurium Jungle King dan Jungle Bush

Tidak ada komentar:

Posting Komentar