Beda Hookeri Merah dan Super Red

Beda Hookeri Merah dan Super Red

 
Seringkali Anthuriumania dibikin bingung antara hookeri Super Red dengan hookeri Merah atau biasa juga disebut hookeri Batang Merah. Apalagi saat bibitan berdaun 2-3, sekilas keduanya memang sama. Tak jarang situasi ini dimanfaatkan oleh pedagang yang nakal, dengan mengatakan hookeri Merah sebagai Super Red. Pasalnya harga Super Red sekitar 50% lebih mahal dibanding hookeri Merah.

Bagaimana sih membedakannya?? Agar tak salah beli perlu melihat saat bibitan dari warna batang dan daun baru. Yang hookeri Super Red warna batangnya merah total. Merahnya cenderung keunguan sedikit maroon. Begitu pula bila keluar pupus baru, warnanya merah dari pangkal daun sampai ujung. Warna merah maroonnya juga tembus hingga tulang daun.

Sedangkan hookeri Merah, warna merahnya lebih cerah dan hanya berda di pangkal daun baru. Hookeri merah warna merahnya tidak sampai naik ke atas. Tulang daun pupus juga hijau saja.

MEMBEDAKAN DEWASA
Yang sudah beranjak remaja atau dewasa membedakannya lebih mudah. Jenis Super Red bisa dipastikan 80% warna batang daunnya tetap merah maroon. Meski sudah jadi batang tua warnanya tetap tidak pudar. Jadi kalau dalam satu rumpun ada sepuluh daun, minimal delapan daunnya bertangkai merah rada tua.

Sedangkan untuk hookeri Merah, dari 10 daun di satu rumpun tanaman paling banter hanya dua tangkai daunnya saja yang warnanya kemerahan. Yaitu batang termuda dan yang sebelumnya. Warna merahnyapun hanya di dekat pangkal tangkai tidak sampai naik ke daun. Warna merah di daun baru juga hanya sebatas di tangkai daun tidak sampai ke tulang daun.

Beda Hookeri Merah dan Super Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar