Beda Rumpun dan Double Head

Beda Rumpun dan Double Head


Doubel head bisa saja masuk kelompok rumpun. Akan tetapi keduanya punya perbedaan karakter yang cukup tegas, sebagai berikut:

1. Jenis rumpun punya pokok batang banyak atau punya kuncup pupus baru yang banyak, sedangkan double head hanya dua.

2. Jenis rumpun memang sejak awal (genetis) muncul dengan tunas baru dalam jumlah banyak yang muncul dari bawah (batang). Dapat juga muncul secara buatan (terkondisi). Jenis double head ibaratnya bayi kembar 2 dari satu biji muncul 2 tunas baru.

3. Jenis rumpun sering mengalami "masalah" pertumbuhan. Yakni lambat tumbuh sehingga membentuk drawft alias kerdil compacta. Sedangkan double head bisa tumbuh normal hingga mencapai ukuran besar.

4. Lantaran tumbuh tidak normal maka jenis rumpun seringkali mengalami mutasi bentuk daun. Bentuk daunnya tidak seperti normalnya, yakni ukurannya mengecil tidak seragam (tergantung posisi pupus daunnya). Sementara jenis double head lebih seragam karena posisi pupusnya yang normal.

Justru Disakiti Jadilah Rumpun

Pepatah lama "Semakin tertindas bukannya makin lemah, tetapi makin kuat" tampaknya cocok juga untuk Anthurium.

Pengalaman ini sudah dibuktikan salah seorang Anthuriumani pada jemaninya-nya. Saat kecil jemaninya itu kurang air, juga ditempatan di teras rumah tanpa paranet. Lantas tanpa sengaja daunnya habis dipatok ayam. Tinggalah bonggolnya doang. Harapan hidup sudah amat tipis. 

Tetapi apa yang terjadi? Begitu dirawat lagi daun tumbuh pupus baru ternyata tidak hanya tumbuh satu pupus baru, tetapi malah tiga tunas baru sekaligus. Bahkan satu tunas muncul terselip di bawah akar seolah ingin sembunyi dari incaran patokan ayam lagi.

Alhasil muncullah tiga tunas baru dengan ukuran daun hampir seragam. Selang sebulan muncul dua tunas lagi yang ukurannya lebih kecil. Jadilah gelcin rumpun secara tidak sengaja.

Justru disitulah kekuatannya. Dengan tunas-tunas baru membuat daunnya lebih kompak dan roset. Kalau sudah begini tentu saja banderol harganya bisa 3 kali lipat dari jemani umumnya. Anda mau coba??

Beda Rumpun dan Double Head 

Artikel Terkait:
Beda Hookeri Super Red dan Hookeri Merah 
Beda Rumpun dan Double Head
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar