Identifikasi Black Selvit Orisinil

Identifikasi Black Selvit Orisinil

Bagi Anthuriumania yang kebetulan memiliki koleksi Black Selvit, kadang masih bertanya-tanya apakah miliknya orisinil (asli) atau bukan. Pada dasarnya, Black Selvit karakternya jelas di mana warna daunnya lebih hitam kecoklatan dibanding Black Beauty. Sementara perbedaan Black Selvit orisinil dengan yang aspal, sangat tipis.

Warna batang dan daun keduanya hampir sama yakni hitam kecoklatan. Bentuk daunnya pun sama. Bedanya pada duduk daun di tangkai. Yang orisinil, sosok daunnya dari tangkai mendongak ke atas. Sedangkan yang aspal, sosok daun dari tangkai jatuh ke bawah dengan membentuk sudut 45 derajat.

Karena keduanya nyaris tidak ada perbedaan, maka soal harga pun tak berbeda pula. Hanya bagi kolektor yang bertujuan menjadikannya sebagai indukan, akan memilih yang orisinil. Sebab indukan Black Selvit orisinil akan menurunkan gen kuat pada anakan.

Sedang yang tidak orisinil, memunculkan anakan yang daunnya menekuk ke bawah seperti induknya. Karena itu, mereka yang punya Black Selvit orisinil, kebanyakan enggan melepas atau menjualnya kecuali kalau memang harganya cocok.

Seperti bos Godong Ireng Nursery Malang. Pria ini termasuk kolektor indukan varian hitam-hitaman orisinil. Meski memiliki banyak induk Black Selvit, Black Beauty, Black Armanu dan Black Sweet, ia tidak melepas indukan tadi ke sembarang orang, meski harga cocok. Hal itu dikarenakan sewaktu-waktu ia butuh benang sarinya untuk membuahi tongkol indukan lainnya.
Saya suka menyilangkan varian hitam-hitaman, makanya perlu indukan yang orisinil. Jadi kalau melepas indukan orisinil, biasanya terbatas pada teman-teman yang saya kenal. Madsudnya supaya indukan orisinil tadi bisa dipantau terus keberadaannya, kalau sewaktu-waktu saya perlu anakannya atau benang sarinya buat persilangan, saya tidak kesulitan.


Identifikasi Black Selvit Orisinil
 
Artikel Terkait:
Black Series Tak Semua Tahan Panas 

Identifikasi Black Selvit Orisinil
Anthurium Marie, Lebih Hot Saat Berkelir Hitam
Watermaliense Dicurigai Biangnya Gen Hitam

Black Blade, Perpaduan Raja dan Ratu Anthurium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar