Pestisida Alami, Murah dan Efektif Mengusir Hama

Pestisida Alami
Murah dan Efektif Mengusir Hama


Seiring dengan bertambahnya Anthurium yang dikembangkan para nursery, maka populasi hama dan penyakit pun ikut membengkak jumlahnya. Hal ini bisa dimaklumi karena dengan semakin banyaknya jumlah tanaman, maka hama makin punya pilihan dalam menentukan tanaman inangnya.

Mereka pun bisa hidup dan berkembang biak karena bisa menggantungkan pada keberadaan Anthurium itu sendiri. Nah dengan semakin berkembangnya hama dan penyakit itu, para kolektor, pengembang maupun pedagang Anthurium mulai kuwalahan menghadapinya. Bahkan usahanya bisa gagal karena faktor serangan hama pengganggu tadi.

Kadang penggunaan pestisida kimia yang dianggap "sakti", kerap menyebalkan juga karena si empunya harus megeluarkan isi kocek dalam-dalam. Ya memang harganya mahal begitu, kata salah satu breeder dari Purwakarta.

Untuk mengantisipasi serangan hama dan penyakit itu, para pemilik nursery mulai membuat cara-cara alternatif yang kebanyakan menggunakan pestisida nabati. Ada yang cukup meletakkan daun tembakau rajangan di atas media tanam Anthurium.

Sementara sejumlah nursery lain ada yang menyemprotkan pestisida nabati dengan menggunakan bahan dari bumbu dapur. Hasilnya luar biasa karena hama yang menyerang langsung minggat disekitar Anthurium kesayangan.

Adapun jenis hama yang menyerang Anthurium sekaligus bumbu dapur yang jadi pengendalinya adalah sebagai berikut:

KUTU PUTIH
Bawang putih diketahui sangat efektif mengusir kutu putih yang biasa bersarang secara berkelompok di daun-daun Anthurium. Pemakaiannya, siung bawang putih ditumbuk halus, lalu diperas hingga didapatkan ekstraknya saja.

Kemudian campurkan dengan air pakai perbandingan 10 cc : 1 liter air. Artinya, ekstrak bawang putih 10 cc dilarutkan dalam 1 liter air. Berikutnya semprotkan pada kutu putih yang bersarang pada daun-daun Anthurium tersebut. Niscaya dalam waktu sekejab, hama tersebut akan ngacir bahkan mati.

TIKUS

Tikus sangat suka memakan daun-daun Anthurium karena dagingnya tebal. Untuk mengantisipasinya, buah jengkol cukup diiris-iris, lalu di tebar di lantai sekitar pot Anthurium. Bisa pula ditebar di atas media tanamnya.

APHID

Daun tembakau dan daun teh diketahui sangat efektif mengendalikan hama aphid (kutu daun) yang biasa menyerang daun-daun Anthurium. Kutu yang berwarna kuning sampai kehitaman iyu biasanya bersarang di bawah permukaan daun sambil menyerang dengan cara menghisap cairan daun.

Untuk mengantisipasinya, ambil daun tembakau rajangan dan teh seukupnya. Kemudian rebus sampai mendidih. Air rebusan didinginkan sejenak, lalu disemprotkan pada Anthurium yang lagi diserang aphid dengan memakai perbandingan 10 cc : 1 liter air ( air rebusan 10 cc ditambah dengan 1 liter air).

BELALANG
belalang adalah salah satu musuh bebuyutan para kolektor Anthurium, karena ia selalu mereusak daun-daun tanaman keluarga Araceae itu. Daun-daun Anthurium kerap berlubang, pecah dan sobek gara-gara serangannya. Selengkapnya.






Pestisida Alami
Murah dan Efektif Mengusir Hama


Artikel Terkait:
Dampak AC pada Anthurium
Kotoran Burung Bikin Tongkol Menjamur 
Air Hujan Inapkan Untuk Pengkilap Daun 
Mengkarbit Buah Agar Cepat Matang 
Lindungi Daun dengan Hand Body Lotion 
Selamatkan Daun dengan Tembakau 
Mengawetkan Biji Sebelum Disemaikan
Belalang Ngacir dengan Cabe Rawit
Lebatkan Anthurium dengan Air Kelapa 
Pestisida Alami, Murah dan Efektif Mengusir Hama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar