Anthurium Mancuniense, Dilindungi Pemerintah Jamaica

Anthurium Mancuniense, Dilindungi Pemerintah Jamaica
Nekat menyelundupkan Pemerintah Jamaica Bakal Ngedor



Jangan coba-coba nekat memetik meski hanya sebitir biji (oce), apalagi sepohon tanaman berusia indukan Anthurium Mancuniense, kemudian membawanya keluar dari Jamaica. Hukumannya sangat keras. Pemerintah setempat memperlakukannya bak penyelundup narkoba.

Larangan keras itu tegas dikeluarka karena Anthurium Mancuniense sudah jadi flora icon Jamaica. Jadi benar-benar dilindungi agar keaslian plasma nutfah salah satu diantara ratusan spesies Anthurium ini bisa abadi. Tak tercemar lewat berbagai perkawinan silang seperti spesies-spesies lainnya.

Pemerintah Jamaica melakukan larangan keras ekspor Anthurium Mancuniense, juga dikarenakan populasinya sudah amat menipis menjelang punah. So, bagaimana sih kelebihannya sehingga sekian puluh tahun menjadi incaran kolektor?? Sosoknya memang lebih dekat ke jemani. Daunnya tebal, cenderung membulat berukuran lebar dengan ujung tak meruncing tapi membulat dengan diameter sangat lebar.

Urat daunnya, satu dengan lainnya nyaris sejajar padat dan selalu merujung sampai keluar bibir daun. Karena jarak antar urat itu begitu padat sehingga permukaan daunnya menjadi berkerut tapi mengkilap.

Satu yang membedakannya dari jemani, adalah pangkal daunnya yang membulat kemudian saling menangkup dan bertemu di atas. Mirip pangkal daun Anthurium Brownii (cikal bakal Anthurium Corong).

Tangkainya juga relatif lebih panjang, berukuran besar dan kokoh dibanding umumnya jemani. Susunan daunnya juga rapat sampai menutup tangkai (petiole) sehingga Anthurium Mancuniense nampak selalu roset sejak muda.

TONGKOL UNIK
Yang juga punya kekhasan yang tak dimiliki oleh jemani lainnya, adalah tongkol (spadiks) nya. Lebih mirip spadiks Anthurium Andreanum (Anthurium bunga) dengan seludang yang besar hingga bisa menangkup nyaris seluruh tongkol yang berwarna putih kekuningan saat masih muda.

Tangkai tongkol dan seludangnya juga berwarna amat cantik, bersemu kemerahan. Tangkai tongkol itu juga tak begitu panjang sehingga "buah " Anthurium itu tersembunyi di rerimbunan daunnya.

Meski tongkolnya juga tak terlalu panjang tapi bentuknya yang rada membulat dengan diameter besar terlihat eksotis.

Hayooo.... siapa yang mau nekat menerobos...untuk memetik barang sebiji saja oce-nya??

Anthurium Mancuniense
Dilindungi Pemerintah Jamaica


Tidak ada komentar:

Posting Komentar