Yang Roset Justru Berpoin Lebih

Yang Roset Justru Berpoin Lebih


Sejumlah juri mangakui Anthurium yang terlihat kompak dan roset (semua sisi seimbang) justru mempunyai poin lebih tinggi dibanding yang terlihat kurang roset. "Jemani, umumnya sudah roset dari sononya. Di luar kelebihan lainnya, bentuk rosetnya itulah yang memberikan keindahan saat dilihat", Budi Setiawan, salah seorang juri dari PFI, mengibaratkan.

Sebenarnya, apa saja sih kelebihan Anthurium yang nampak roset (istilah inggrisnya rosset) itu??

- Daun-daunnya lebih rimbun hingga tampak perkasa dan istimewa.
- Banyaknya batang justru menambah kewibawaannya.
- Semakin banyaknya daun kian menunjukkan Anthurium tersebut berumur tua. Bukankah makin tua bakalan makin mahal harganya.
- Banyaknya jumlah daun justru menopang proses fotosintesis yang ujung-ujungnya dapat meningkatkan kualitas daunnya. Kualitas yang dimaksudkan adalah daunnya kuat, mengkilap, tebal, serta warna dan urat-uratnya keluar.

Trik Menjadikannya Lebih Kompak, Indah dan Menawan


Bagaimana caranya menjadikan Anthurium kita itu terlihat roset dan kompak?? Sebenarnya cukup tingkatkan saja kesuburan media tanamnya. Bila biasanya dipupuk memakai pupuk majemuk berbentuk butiran 1 sendok teh sebulan sekali, misalnya. Maka dengan makin banyaknya daun, dosis pupuk lambat pelepasan itu perlu ditingkatkan menjadi 2 sendok teh sebulan sekali.
Selain itu si pemilik harus aktif menyemprotkan pupuk mikro macam Vitabloom, Gandasil D beserta Vitamin B1 seminggu sekali. Khusus vitamin B1 sebaiknya disemprotkan di media tanamnya. Bila perlu tambahkan semprotan hormon pemacu tumbuh misalnya Super Thrive atau Novelgrow tiga hari sekali merata di permukaan daunnya. Dosisnya jangan melebihi 1ml/10 liter air.

Dengan demikian sudah dipastikan persaingan internal dalam memperebutkan fotosintat dapat diantisipasi dengan baik.

Posisi Sinar

Selain itu juga perlu dicoba adalah mengatur posisi sinar matahari. Pasalnya sinar matahari berpengaruh pada posisi daun dan tangkainya. Wajar, karena semua tanaman termasuk Anthurium bersifat autotrop (mencari arah datangnya cahaya matahari).

Cobalah putar-putar posisi potnya sehingga cahaya matahari tak hanya menyentuh salah satu bagian sisi tanaman saja. Karena tajuk akan menumpuk di satu sisi yang mendapat sinar matahari

Yang Roset Justru Berpoin Lebih

Artikel Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar