Spesies Langka Sukses Dibiakkan Di Semarang

Spesies Langka Sukses Dibiakkan Di Semarang

Sipaa bilang Anthurium kita monoton. Hanya itu-itu saja. Karena sejumlah spesies langka yang (di sini), ternyata sudah sukses dibiakkan di Semarang. Memang masih relative susah ditemiu di pasaran, misalnya di pameran-pameran karena populasinya maupun anakannya memang masih sangat sedikit. Sang pemilik nursery di Jl. Trunijoyo IX-B/7 Banyumanik Semarang, yang sudah sukses membiakkan spesies-spesies yang induknya didatangkan langsung dari Amerika itu. Antara lain : Anthurium Ace of Spades (kuping gajah hitam), Veitchii King, Colonicum, serta Spectabile. Meski masih tergolong langka, setidaknya di sini, banderolnya lumayan terjangkau. Inilah sejumlah spesies-spesies asli Amrik itu.


VEITCHII KING
Jangan ngaku kolektor bila belum memilikinya. Karena inilah salah satu spesies Anthurium yang paling digemari di Amerika sana. 


Kekhasan dari The King Anthurium asal Kolombia itu adalah kerutan yang merata disepanjang atas sampai bawah daun. Sang raja, ternyata sangat terjangkau harganya di sini.

ACE OF SPADES
Bisa juga kok disebut kuping gajah hitam, karena memang masih sekeluarga dengan kuping gajah (Anthurium crystallium). Eksotisnya terletak pada warna daunnya yang lebih gelap dengan permukaan berbeludru.


Kelebihan ini tentu cocok bagi yang demen bereksperimen dengan melakukan hybridisasi. Banderolnya lumayan terjangkau, sayang stoknya agak terbatas.

SPECTABILE
Berasal dari Cotarica, Spectabile masih amat susah ditemui di Indonesia, penampilannya sangan anggun. 


Daunnya yang besar serta bisa tumbuh memanjang memiliki ciri bisa menjuntai panjang ke bawah. Pas sekali buat menghias teras rumah. Banderolnya juga agak mahal karena memang dari sononya udah mahal.

COLONICUM
Nyaris serupa dengan Spectabile (Costa Rica). Colonicum berasal dari Panama. Hanya segelintir yang membawanya ke sini. 


Wajar, anakannya tak pernah muncul di pameran-pameran. Kekhasannya, daun menggantung panjang ke bawah. Lebar daun dapat mencapai 50 cm. Mau tahu banderolnya??

Spesies Langka Sukses Dibiakkan Di Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar