Tips Mencegah Busuk Akar

Tips Mencegah Busuk Akar

Dua hal yang paling ditakuti Anthuriumania adalah busuk akar dan jamur. Meski asal tanaman ini dari hutan belantara, namun kalau media tidak cocok alias air menggenang akibat penyiraman berlebih dan air tidak langsung jatuh, kemungkinan kena busuk akar cukup besar, Inilah tips mencegahnya.


http://farm7.staticflickr.com/6217/6258836481_004a2d9f23_o.jpgSalah satu ciri yang paling kentara pada Anthurium yang terserang busuk akar, adalah pertumbuhannya yang melambat. Selain daun-daun mudanya, kemunculan tunas baru juga lama sekali. Tak saling susul menyusul seprti tanaman yang tumbuh normal.

Bila biasanya daun baru muncul tiap 30 hari bahkan bisa lebih cepat, yang kena busuk akar kemunculana daun baru bisa selama dua bulan.

Yang lebih parah tunas daun yang muncul juga bakalan tak bisa tumbuh sempurna. Kuncupnya melintir kesana kemari serta lama sekali membukanya.

Tak jarang tunas-tunas daun itu lalu tumbuh tak normal alias cacat. Bila kejadian ini dibiarkan berlarut tentu akan membahayakan tanaman kesayangan. Karena bukan tidak mungkin bakalan segera layu dan mati.

BONGKAR MEDIA

KLIK - DetailBila saja mendapati tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya segera saja membongkar media tanamnya. Bersihkan perakaran dari media tanam yang menempel dengan menyemprotkannya dengan air. Bisa dipastikan akan nampak perakaran yang kurang sehat. 

KLIK - DetailSegeralah potong dan buang akar-akar yang membusuk itu. Setelah bersih rendam akar dengan fungisida selama semalam atau kalau mau praktis bisa direndam dengan air kapur seperti yang dilakukan oleh beberapa pedagang dan Anthuriumania Solo.

Selajutnya tanaman kembali dengan media pakis agak kasar atau media lain yang dianggap cocok. Dengan catatan, media tersebut harus dalam kondisi bebas hama serta steril dari fungi (jamur). Ada baiknya media tersebut disterilkan dengan cara dikukus atau dijemur sampai kering.
KLIK - Detail
PAKIS KASAR

Pakis agak kasar paling cocok buat media Anthurium yang diletakkan di lahan tak beratap atau hanya sekedar berpelindung paranet. Saat hujan, air memang tetap menetes. Dengan media cacahan akar pakis yang kasar, air itu bakalan segera terbuang lewat lubang di bawah pot. Berbeda dengan pakis halus yang bisa sampai berhari-hari, sehingga menjadi biang munculnya jamur.

Tips Mencegah Busuk Akar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar