Trik Mencetak Varigata Sejak Tongkol

Trik Mencetak Varigata Sejak Tongkol



Anthurium yang tumbuh tidak sebagaimana umumnya dianggap aneh atau varigata sehingga berharga mahal. Padahal varigata sendiri terjadi akibat penyimpangan sel sehingga tanaman tumbuh tidak normal alias cacat. Tanaman yang cacat kebanyakan muncul dari indukan yang kurang sehat.

Untuk mendapatkan bibitan yang cacat atau biasa diistilahkan varigata, ternyata cukup mudah. Yakni memperlakukan tongkol yang sedang dalam proses pematangan biji secara tidak normal. Misalnya tidak memberikan pupuk dengan kandungan P dan K sebagaimana layaknya diberikan pada tanaman yang sedang membesarkan biji.

Begitu juga pupuk mikro yang seharusnya diberikan agar biji pada tongkol tumbuh normal, tak perlu diberikan. Bahkan saat biji mulai setengah matang diberi ZP (Zat Pengatur Tumbuh) sejenis GA3 (Gibberelin) dengan dosis tinggi supaya perkembangan tongkol tidak normal.

Dengan perlakuan sederhana ini nantinya saat tongkol mulai matang biji hasil perlakuan mulai disemai. Maka saat berkecambah akan muncul bibit-bibit yang memiliki gen tidak normal lebih banyak, dibanding dengan kalau kita memberikan perlakuan baik pada tanaman saat tongkol.
Kalau dengan perlakuan normal, bibit cacat hanya 10%. Kalau dengan perlakuan seperti diatas kita bisa mendapatkan bibit varigata sampai 25% lebih.

Kecacatan bibit umumnya diawali dengan munculnya bercak putih atau kekuningan pada setiap tanaman yang bisa terlihat saat bibit daun tiga. Namun banyak pula kecacatan gen tampak begitu tanaman menginjak dewasa.

Trik Mencetak Varigata Sejak Tongkol 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar