Lebatkan Anthurium dengan Air Kelapa

Lebatkan Anthurium dengan Air Kelapa

Mau Anthurium Anda tumbuh subur, ranum serta cepat bertongkol tapi ogah berurusan dengan aneka bahan kimia, misalnya pupuk-pupuk kimiawi?? Gampang, manfaatin aja sisa air kelapa. Cukup siramkan rutin ke media tanam, maka Anthurium kesayangan Anda akan tumbuh subur.


Kenapa air kelapa bagus buat Anthurium?? Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa kaya akan potasium (kalium) hingga 17%. Selain kaya mineral, air kelapa juga mengandung gula 1,7-2,6%. Juga protein 0,07-055%.

Sedang mineral lainnya, Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Ferum (Fe), Cuprum (Cu), Fosfor (P) dan Sulfur (S). Sudah memenuhi unsur makro NPK berikut unsur-unsur mikronya.

Belum lagi, selain kaya mineral, air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin seperti asam sitrat, asam nikotinat, asam pantotenal, asam folat, niacin, riboflavin dan thiamin. Terdapat pula 2 hormon alami yaitu auksin dan sitokinin yang dikenal sebagai pendukung pembelahan sel embrio kelapa.

Karena seabrek kandungan positifnya itulah, selama ini air kelapa banyak digunakan di Laboraturium sebagai nutrisi tambahan di dalam media kultur jaringan. Dengan kandungan unsur kalium yang cukup tinggi, air kelapa juga dapat merangsang pemunculan tongkol Anthurium.


Lebatkan Anthurium dengan Air Kelapa

1 komentar:

  1. cukup menarik dan menentang untuk dicoba.... tapi kuatirny malah semut pada ngrubung walah mati ong tanaman kita

    BalasHapus