Membedah Anthurium Juara

Membedah Anthurium Juara
Tampil Mulus Berkarakter Kuat
[DSC03998.JPG]

Secara performa melihat Anthurium peserta kontes sering semuanya kelihatan bagus. Daun tampil kompak, warna hijau segar, akar menyebar merata dan ada keserasian dengan pot. tetapi begitu lebih detail dalam pengamatan barulah kita tahu kualitas Anthurium yang sebenarnya.


Berpatokan pada kesan pertama saja sering kali tertipu. Tampilan daun memutar indah, karakternya juga kuat dengan warna sedikit kekuning-kekuningan seperti golden, tetapi begitu didekati ternyata ujung daun yang menguning tanda-tanda serangan penyakit trips. Jelas bukan jenis itu yang dikehendaki oleh juri di kontes.

Menyimak di beberapa kontes, dapat disimpulkan betapa pentingnya faktor kesehatan Anthurium. Hanya yang benar-benar mulus yang layak juara. Lobang sebesar jarumpun tetap jadi pertimbangan. Akar, batang, dan daun juga harus sehat tak ada serangan bakteri atau jamur secuilpun.

Porsi kesehatan menempeti rangking tertinggi 35%. Ini semata-mata penghargaan kepada sang pemlik karena tidak mudah untuk menjadikan Anthurium mulai bibitan hingga dewasa tetap dalam kondisi "top form". Apalagi jenis jemani, dalam perawatan butuh sentuhan kasih sayang, konsistensi dan kesabarab ekstra.
Tanpa itu semua jangan harap bisa masuk 3 besar, karena jemani termasuk jenis yang karakternya mudah berubah tidak seperti gelcin dan hookeri yang relatif stabil. Pernah suatu ketika juri memberi gambaran kualitas jemani ditentukan faktor genetisnya 40% dan 60% sangat tergantung perawatan.
Perawatan yang ekstra dan karakter yang kuat, apakah itu bentuknya, warnanya hingga tekstur daunnya, harus selalu ditekankan untuk membentuk jemani tampil prima. Mulai daun bawah hingga daun terakhir harus mulus tanpa cela. Daun-daun bibitan tetap dalam kondisi sehat dan utuh. Dan setiap kali pertumbuhan daun baru bisa konstan. Selalu lebih besar tetapi tidak terlalau besar dan tidak pernah terlalu kecil.

Tanda-Tanda Anthurium Sehat dan Prima

- Akar menyebar merata kesegala arah. Ukuran relatif sama. Warna hijau keperakan dan segar tidak gembos dan mampu menopang batang dengan kuat.

- Kesehatan akar juga bisa dicek dengan menggoyangkan potnya, bila Anthurium mudah goyang tanda akar tidak sehat.

- Batang kelihatan besat dan kokoh. Dudukannya seimbang tidak terlalu tinggi atau terlalu terbenam. Ditopang akar-akar baru yang kuat. Posisi lurus tidak condong ke kanan atau ke kiri.

- Tangkai daun. Mengikuti putaran lingkaran dengan titik tunas baru sebagai sentralnya. Pangkal batang melingkar secara lurus tidak meluntir ke kanan atai ke kiri. Panjang pangkal daun sebaiknya pendek dan relatif sama antar daun.

- Konsistensi karakter. Daun yang bagus karakter baik bentuk, warna dan teksturnya selalu sama. Semisal kerutan daun dan seratnya relatif sama, kalau menekuk ke kiri semua ke kiri. Ujung daun membulat semuanya membulat.

- Konsistensi ukuran. Untuk membentuk susunan daun yang bagus idealnya ukuran daun baru hanya lebih besar dari daun lama baik panjang maupun lebar. Bila terlalau meloncat maka akan merubah formasi roset dan kekompakan daun. Sebaliknya bila daun baru justru lebih kecil maka tanda ada yang tidak beres dengan media tanamnya.

Membedah Anthurium Juara
Tampil Mulus Berkarakter Kuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar