Mengawetkan Biji Sebelum Disemaikan

Mengawetkan Biji Sebelum Disemaikan


Memanen tongkol?? Belum sempat menyemaikan?? Awas, biji Anthurium "umurnya" pendek. Lebih dari seminggu tak segera disemai akan segera busuk. Tak bisa ditanam lagi. Karena itu, di hari ketiga usai dipetik sebaiknya segera ditanam. Lalu bagaimana teknik penyimpanan yang sederhana dan efektif??


Ada yang menyimpan dalam kotak plastik makan lalu menyimpannya dalam kulkas. Cara ini begitu dikenalkan oleh nursery-nursery kakap di Amerika, kemudian segera saja menyebar di sini. Banyak yang mengaplikasinya. Namun sayangnya, simpan di kulkas itu ternyata masih beresiko tinggi. Tingkat kerusakannya masih tinggi. Sehingga saat biji disemai akan banyak yang tidak tumbuh.
"Terutama kalau menyimpannya asal ditaruh saja. Tidak dimasukkan dulu ke dalam wadah yang kedap udara. Yang terjadi malah kebusukan karena di dalam kulkas udara akan mencair. Air itulah yang menyebabkan kebusukan," ingat Bill, salah seorang pengelola nursery besar Anthurium di Florida.

Yang dia maksud, bila mau lebih tahan lama bisa lebih dari seminggu, sebaiknya ditempatkan dulu di wadah yang kedap udara. Misalnya, toples atau aluminium foil. "Dengan tempat yang kedap, dimasukkan kulkas juga akan tahan lama. Seperti kami saat mengekspor biji ke Indonesia dulu. Kita masukkan ke dalam wadah yang kedap kemudian cargo pesawat juga ada pendinginnya. Terbukti lebih seminggu masih bagus saat dikecambahkan," tambahnya.

PRAKTIS dan EFEKTIF
Bagaimanapun cara itu bagi Anthuriumania Indonesia masih dianggap kurang praktis. Alex misalnya, dari beberapa kali eksperimen soal cara penyimpanan, ia menemukan cara lebih praktis. Cara ini cukup sederhana yakni menggunakan kertas koran berlapis dua, setelah itu lipat yang rapi baru selanjutnya disimpan dalam kulkas.
"Praktis, mudah serta efektif karena biji (oce) yang saya simpan dengan cara itu bisa bertahan sampai tiga bulan," yakin pemilik Godong Ireng, Malang.

Maksudnya, meski bungkusan biji itu disimpan di kulkas sampai tiga bulan tetap bisa berkecambah normal saat disemaikan. Bahkan tingkat keberhasilan perkecambahannya mendekati angka 90%.

"yang penting sebelum disimpan biji dicuci bersih, selanjutnya dianginkan sampai biji terasa kering. Baru selanjutnya ditaruh secara merata pada kertas koran yang telah kita siapkan. Setelah itu lipat dengan rapi dan siap ditaruh di dalam kulkas," jelas sang kolektor Black Series.

KELEBIHAN KORAN
Kelebihan kertas koran sendiri menurut Alex banyak.  Di antaranya mampu menyerap uap air yang menempel di setiap biji. Jadi meski biji yang disimpan dalam lipatan koran ada yang belum kering, masih bisa terserap oleh kertas koran sehingga biji tidak sampai busuk karena kelembaban udara terserap oleh kertas koran.

Kelebihan kertas koran lain adalah mampu melindungi biji dari suhu ekstrim di dalam kulkas. Hal ini telah dites, ketika thermometer dimasukkan dalam lipatan koran bersama biji, ternyata tidak terlalu dingin dengan suhu ruang kulkas.

Kelebihan lain adalah mampu melindungi biji dari gangguan jamur.

Mengawetkan Biji Sebelum Disemaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar