Nasib Tongkol Usai Diambil Serbuknya

Nasib Tongkol Usai Diambil Serbuknya

Apakah setelah terjadi persilangan, tongkol yang difungsikan sebagai betina langsung jadi biji (oce)? Lantas bagaimana pihak tongkol jantan yang sudah diambil benang sari-nya? Apakah bisa diharap menghasilkan biji (oce) pula?


http://farm5.staticflickr.com/4121/4792100971_cd37c77505_z.jpgTongkol yang sudah difungsikan sebagai betina, kalau perkawinannya sempurna, maka jelas akan berkembang jadi buah yang kemudian menghasilkan biji (oce).

Sementara tongkol yang diambil serbuknya juga ada harapan menghasilkan buah (biji/oce) pula, karena pada permukaannya itu juga bisa mengeluarkan madu (putik).

Seperti diketahui, biasanya dalam satu tongkol madu keluar duluan. Sekitar 2-3 hari berikutnya, serbuk sari menyusul keluar. Kalau sudah demikian, jelas akan terjadi persilangan sendiri dengan bantuan angin, serangga atau tangan manusia.

Andaikan sebagian serbuknya Anda ambil untuk dikawinkan pada tongkol lain yang keluar madunya, maka kedua tongkol tadi sama-sama ada harapan menghasilkan buah (biji/oce).

Sebaliknya, andaikan tongkol yang diambil serbuk sari-nya tidak sampai terjadi persilangan, maka ia akan mengering, keriput dan akhirnya mati.




Nasib Tongkol Usai Diambil Serbuknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar