Selamatkan Daun dengan Tembakau

Selamatkan Daun dengan Tembakau


Senyawa Nikotin Efektif Usir Hama
Apa sih rahasinya rajangan daun tembakau bisa mengusir sekaligus membunuh hama Anthurium?? Usut punya usut nikotin dan senyawa lain yang terkandung memegang peranan penting. Senyawa ini malah-malah jadi pengendalinya.

Aroma daun tembakau yang dilepas nikotin dan senyawa lainnya itu mampu mengusir segala jenis hama. Bahkan uap daun tembakau yang lepas ke sekitar Anthurium membikin mata hama jadi pedih sehingga lari ketakutan.

Merekapun enggan mendekati Anthurium yang lagi diterapi daun tembakau. Bahkan menghembuskan asap rokok ke setiap Anthurium dapat menghalau hama yang sedang bercokol di tanaman.

Asal tahu saja, nikotin adalah sejenis senyawa organik yang terdapat dalam daun tembakau. Berdasarkan penelitian yang ada, sekitar 5% dari berat total daun tembakau adalah berisi nikotin. Sebab itu daun tembakau sangat efektif mengendalikan hama Anthurium meski sifatnya diletakkan begitu saja di atas media tanamnya.

Lebih OK Dibikin Formola Cair
Penggunaan daun tembakau sebagai pestisida alami tidak sebatas diletakkan di atas media tanam saja. Tapi keberadaannya bisa diracik menjadi formula cair yang kemudian disemprotkan pada Anthurium.

Hasilnya di luar dugaan. Segala jenis hama banyak yang binasa atau minimal menjauh dari Anthurium untuk selamanya. Adapun pemanfaatan daun tembakau sebagai pestisida organik itu sebagai berikut:

Bahan yang diperlukan:
- Tembakau 1 kg.
- Air 4 liter.
- Kapur barus 7 butir dan dihaluskan.

Cara Pembuatan:
- tembakau direndam dalam 4 liter air selama 2 hari.
- Campurkan kapur barus yang telah dihaluskan.

Aplikasi:
- Ambil air dari rendaman daun tembakau itu sebanyak 2-3 sendok makan. Lalu campurkan dengan air biasa sebanyak 1 liter.
- Semprotkan pada Anthurium yang terserang hama dan penyakit.

Selamatkan Daun dengan Tembakau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar