Anthurium Andreanum Alias Anthurium Bunga

Anthurium Andreanum Alias Anthurium
Bunga


Di luaran sana, popularitas Anthurium foliage (daun) sebenarnya masih kalah mencorong dibanding dengan Anthurium andreanum (bunga). Bahkan nilai bisnis dari menjual spadiks andreanum bisa mencapai milyaran dollar setahun.


Hawaii, misalnya, yang saat ini menjadi produsen bunga potong dari Anthurium bunga, bisa meraup sampai US$ 1 milyar dalam setahun. Karena tingginya permintaan di seluruh dunia, sejumlah negarapun ikut-ikutan mengembangkan andreanum. Itulah sebabnya, jenis ini kemudaian berkembang amat pesat. Bermunculan ratusan kultivar dari proses hybridisasi.

Karena sudah menjadi industri bernilai tinggi, pengembang-biakannya juga sudah tak lagi dengan cara-cara tradisional. Hasil persilangan yang sudah dianggap baik kemudian dibiakkan secara massal melalui teknik kultur jaringan.

Kebunnya, juga sudah ultra modern yang tak jarang memakai green house raksasa dengan infra struktur yang amat komplit dan modern.

Di sisni, sebetulnya Anthurium andreanum juga sudah lama dikenal sekaligus dikembang-biakkan di sejumlah kawasan, misalnya Bogor dan Malang. Namun sejauh ini produknya masih belum mampu menembus belantara bisnis bunga potong kelas dunia. Masih jalan di tempat, apalagi saat Anthurium foliage (daun) ngeboom, popularitas andreanum seakan dinomor-duakan.

Baru belakangan masyarakat luas mulai sadar andreanum memiliki kelebihan, warna-warni seludang tongkolnya yang menawan memiliki kelebihan tersendiri. Bahkan saat dijadikan indoor plan, andreanum amatlah indah. Dijadikan buket, juga begitu kerennya.

Yang juga asyik buat dijadikan tanaman utak-atik, adalah tantangan menyilangkannya untuk mendapatkan hybrid-hybrid baru yang memilki warna dan bentuk seludang yang menawan.

So, bagaimana indahnya andreanum, inilah sebagian contoh-contuhnya:




Anthurium Andreanum Alias Anthurium
Bunga

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar